Inovasi Alat Kesehatan Khusus Negara Berkembang

Kompas.com - 30/07/2016, 14:08 WIB
Inovasi teknologi GE Healthcare, termasuk EKG portabel dipamerkan di kegiatan Inovasi yang Peduli di Surabaya, 29-31 Juli 2016. GE HealthcareInovasi teknologi GE Healthcare, termasuk EKG portabel dipamerkan di kegiatan Inovasi yang Peduli di Surabaya, 29-31 Juli 2016.
EditorLusia Kus Anna

SURABAYA, KOMPAS.com - Salah satu fasilitas penting untuk mencegah perburukan penyakit tidak menular adalah alat-alat diagnostik yang akurat sehingga penyakit dapat dideteksi dini.

Penyakit tidak menular yang menghabiskan porsi terbesar pembiayaan BPJS Kesehatan antara lain jantung, kanker, stroke, gagal ginjal, dan diabetes melitus.

Pada tahap awal, penyakit-penyakit tersebut sering tidak menimbulkan keluhan, namun jika dibiarkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang menyebabkan kecacatan, bahkan kematian.

Untuk itu diperlukan sarana diagnostik medis yang akurat, terutama di rumah sakit rujukan yang ada di daerah agar tidak semua pasien datang ke rumah sakit tingkat pertama yang ada di ibukota provinsi.

Kebanyakan daerah terpencil dan sangat terpencil memang masih bermasalah dalam hal akses layanan kesehatan, seperti peralatan kesehatan dan alat diagnostik yang terbatas.

Saat ini cukup banyak perusahaan yang menawarkan inovasi alat-alat deteksi secara akurat dan hasilnya bagus, namun dengan harga terjangkau dan bisa dioperasikan dengan mudah.

GE Healthcare sejak beberapa tahun terakhir berinvestasi untuk mengembangkan inovasi alat-alat kesehatan bagi negara-negara berkembang dan dipakai di daerah terpencil.

"Kami sudah menghasilkan lebih dari 100 inovasi baru yang fokus untuk dipakai di daerah terpencil. Sekitar 9 inovasi itu bahkan sudah masuk dalam daftar WHO Compendium, misalnya USG portabel, alat EKG jantung portabel, atau mesin anestesi," kata Haris Izmee, Country Head GE Healthcare Indonesia, dalam pembukaan acara kegiatan Inovasi yang Peduli di Surabaya, Jumat (29/7/2016).

Marvy Lumentut, Country Marketing Head GE Healthcare menambahkan, alat-alat portabel tersebut ditujukan untuk mendeteksi awal penyakit. "USG Portabel atau alat EKG portabel bukan untuk diagnosis canggih, tetapi deteksi dini. Sehingga kalau ditemukan ada risiko bisa dirujuk ke tingkat lanjutan," ujarnya.

Marvy mengatakan, GE Healthcare kini tidak hanya fokus pada alat-alat kesehatan besar berteknologi tinggi, tetapi juga alat-alat yang dapat membantu meningkatkan akses layanan kesehatan di daerah. "Walau alatnya kecil, tetapi tetap harus akurat," imbuhnya.

Inovasi kesehatan dari GE Healthcare, lanjut Marvy, masuk dalam daftar WHO Compendium atau daftar alat-alat kesehatan yang bisa dipasang dalam kondisi energi terbatas.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X