Viral Teknik Masak 5 30 7, Ini Kata Ahli Gizi

Kompas.com - 26/12/2019, 12:33 WIB
Ilustrasi memasak Ilustrasi memasak

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir, dari pesan berantai dan media sosial viral beredar teknik memasak dengan metode 5 30 7.

Metode memasak ini diklaim bisa menghemat gas elpiji dan hasilnya memuaskan.

Dalam pesan berantai dijelaskan, metode 5 30 7 merupakan teknik memasak dengan tiga langkah.

  1. Rebus bahan masakan di atas kompor selama lima menit
  2. Diamkan masakan 30 menit di atas kompor dalam posisi api mati dan panci tertutup
  3. Lanjutkan proses pematangan dengan merebus kembali bahan masakan selama tujuh menit.

Tujuan menggunakan metode merebus masakan ini untuk menghemat gas elpiji. Terutama untuk memasak daging yang membutuhkan waktu lama.

Pesan berantai juga menjelaskan beberapa bahan masakan yang bisa matang dengan metode 5 30 7 antara lain: daging, kikil, dan babat.

Selain itu, ceker ayam, daging ayam, kacang hijau, beras untuk lontong atau ketupat, sagu mutiara, ubi, singkong, sampai jengkol.

Baca Juga: Mengenal Metode Masak 5 -30-7 yang Viral di Media Sosial, Benarkah Bisa Cepat dan Hemat?

Melansir Grid.id (10/3/2019), konon penggagas motede masak ini bernama Fah Umi Yasmin, seorang ibu rumah tangga yang kerap membagikan tips memasak via media sosial.

Ia merupakan salah seorang anggota komunitas memasak Natural Cooking Club (NCC) yang tergolong rajin membagikan berbagai tips memasak via akun media sosialnya.

Dari wawancara dengan pegiat Komunitas NCC, beberapa orang mengaku telah mempraktikkan teknik 5 30 7 dan berhasil.

Mereka pernah mencoba membuat bubur kacang hijau, bubur ayam, bubur merah delima dengan metode 5 30 7 dan berhasil. Memasak dengan cara reguler butuh waktu lebih lama.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X