Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2020, 13:31 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KOMPAS.com – Buah-buahan dan sayuran adalah salah satu bahan makanan sumber karbohidrat kompleks yang memiliki indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik dapat dipahami sebagai ukuran kecepatan makanan dalam meningkatkan kadar glukosa dalam darah setelah dikonsumsi.

Makanan dengan indeks glikemik rendah relatif lebih lambat dicerna dan diserap oleh tubuh, sehingga memperlambat peningkatan kadar glukosa dalam darah.

Baca juga: 10 Penyebab Urine Keruh, Bisa Jadi Gejala Diabetes hingga Penyakit Ginjal

Maka dari itu, konsumsi buah dan sayur baik untuk penderita diabetes mellitus karena tidak akan menimbulkan peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Selain itu, konsumsi serat yang cukup dari buah dan sayur bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu penderita diabetes dalam mengontrol nafsu makan dan berat badan mereka.

Buah dan sayur bahkan mengandung ragam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh penderita diabetes.

Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, buah dan sayur dapat dikonsumsi juga dengan cara dibuat jus.

Tips konsumsi jus untuk penderita diabetes

Malansir Buku Makanan Super Pengendali Diabetes & Komplikasinya (2015) oleh Durotul Jauhariah, S.Gz., mengonsumsi jus merupakan salah satu cara untuk meningkatkan asupan serat bagi seseorang yang tidak terbiasa mengonsumsi buah dan sayur.

Konsumsi jus buah dan sayur bisa menjadi langkah yang mudah dicoba oleh siapa saja, terutama bagi penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi lainnya.

Proses pembuatan jus menjadikan semua bagian buah dan sayur dapat dikonsumsi dan diserap tubuh.

Baca juga: Kenali Gejala Khusus Diabetes Tipe 2

Berikut ini tips mengonsumsi jus untuk penderita diabetes:

1. Atur waktu konsumsi jus

Proses pembuatan jus dapat membuka dinding selulosa (serat dalam buah dan sayur), sehingga mempermudah proses penyerapan dalam tubuh.

Artinya, peningkatan kadar glukosa darah yang ditimbulkan setelah mengonsumsi jus bisa menjadi lebih cepat dibandingkan jika dikonsumsi dalam bentuk buah dan sayur utuh.

Maka dari itu, penting untuk mengatur waktu konsumsi jus buah dan sayur bagi penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com