Bangun Tidur Dada Terasa Sakit dan Sesak Tanda Penyakit Apa?

Kompas.com - 03/07/2020, 05:59 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Bangun tidur dengan kondisi dada terasa sakit dan sesak bisa bikin khawatir.

Seperti dilansir Healthline, jika dada sakit dan sesak saat bangun tidur yang berlangsung cepat dan hanya sekali, bisa jadi kondisi tersebut bukan masalah kesehatan serius.

Namun Apabila bangun tidur dada terasa sakit dan sesak tanpa sebab jelas, Anda perlu lebih berhati-hati.

Terutama jika rasa tidak nyamannya tidak hilang dalam hitungan menit, bisa jadi hal itu tanda penyakit jantung, paru-paru, atau pencernaan.

Baca juga: Bangun Tidur Kepala Pusing sampai Berputar, Bisa Jadi ini Penyebabnya

Berikut beberapa penyebab bangun tidur dada terasa sakit dan sesak:

1. Angina

Melansir Medical News Today, sakit di dada bagian tengah atau kiri dapat menjadi tanda penyakit jantung, salah satunya angina.

Angina atau angin duduk adalah sakit dada akibat penyakit jantung koroner. Nyeri atau sakit dada ini disebabkan jantung tidak menerima cukup pasokan darah kaya oksigen.

Angina menyebabkan dada terasa sakit, sesak seperti dihimpit, atau berat di dada. Rasa tidak nyaman ini dapat merembet ke leher, rahang, lengan, bahu, dan punggung.

Baca juga: 11 Penyebab Dada Bagian Tengah Sakit Saat Bangun Tidur

2. Peradangan jantung

Peradangan adalah respons alami sistem kekebalan tubuh saat menghadapi penyakit, cedera, atau infeksi.

Jenis peradangan jantung di antaranya perikarditis (membran jantung), miokarditis (otot jantung), dan endokarditis (pelapis bilik dan katup jantung).

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X