Kompas.com - 02/09/2020, 07:40 WIB

KOMPAS.com - Sejak pandemi Covid-19 melanda, kita harus mengurangi aktivitas di luar rumah.

Bagi banyak orang, hal ini tentu sangat menjemukan karena aktivitas kita menjadi terbatas dan tidak bisa sebebas seperti saat pandemi belum melanda.

Nampaknya, kondisi ini membuat fenomena doomscrolling semakin meningkat.

Doomscrolling adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan kecenderungan untuk terus-menerus menelusuri media sosial, terutama perihal berita negatif.

Psikiater dari NYU Langone Health New York juga berpendapat yang sama. Menurutnya, banyak orang melakukan doomscrolling sejak pandemi virus corona melanda dunia.

"Pandemi ini telah memunculkan kebiasaan buruk banyak orang,salah satunya mengakses berita negatif terus-menerus," ucap dia.

Baca juga: Stres: Efek, Jenis hingga Cara Mengatasinya

Mengapa banyak orang melakukan hal ini?

Menurut psikolog klinis dari Cleveland Clinic, Susan Albers, banyak orang melakukan doomscrolling karena kebutuhan mereka untuk mendapatkan informasi yang dapat mengonfirmasi perasaan mereka.

"Saat berada dalam suasana hati yang buruk, kita merasa btuuh informasi untuk mengonfirmasi perasaan. Membaca berita negatif akan menegaskan kembali perasaan kita," ucap Albers.

Meski demikian, terus-menerus mengakses berita negatif akan menjadi kebiasaan yang tidak berguna. Sayangnya, banyak orang yang tak sadar ketika melakukannya.

"Kondisi ini bisa juga menjadi kebiasaan tak sadar ketika orang merasa bosan atau memiliki banyak waktu luang," tambah Albers.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.