8 Kebiasaan Penyebab Ginjal Rusak yang Perlu Dihindari

Kompas.com - 04/09/2020, 21:03 WIB
Ilustrasi ginjal, penyakit ginjal, kanker ginjal ShutterstockIlustrasi ginjal, penyakit ginjal, kanker ginjal

KOMPAS.com - Ginjal adalah sepasang organ berukuran sekepal tangan orang dewasa.

Melansir WebMD, sepasang ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya di bawah tulang rusuk dan di perut bagian belakang.

Fungsi ginjal manusia untuk menyaring darah, membuang limbah, mengontrol keseimbangan cairan tubuh, membantu produksi sel darah merah, sampai menjaga tekanan darah.

Baca juga: 13 Tanda-tanda Penyakit Ginjal

Apabila penderita mengalami gagal ginjal, kondisi ginjalnya berarti sudah rusak dan organ vital ini tak bisa berfungsi secara optimal.

Menurut National Kidney Foundation, ginjal bisa rusak karena cedera fisik atau gangguan kesehatan jangka panjang.

Proses rusaknya ginjal umumnya tidak terjadi semalaman, namun bisa terjadi secara bertahap sampai ginjal gagal berfungsi secara total.

Baca juga: Gejala Penyakit Ginjal Stadium Awal yang Pantang Diabaikan

Berikut sederet kebiasaan sederhana penyebab ginjal rusak yang perlu dihindari:

1. Sering minum obat penghilang rasa sakit

Obat antinyeri yang dijual bebas dapat meringankan rasa sakit dan nyeri.

Kendati demikian, obat jenis ini dapat membahayakan kesehatan ginjal, terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan dan penderita punya riwayat penyakit ginjal.

Dengan demikian, salah satu cara menjaga kesehatan ginjal adalah meminimalkan penggunaan obat penghilang rasa sakit dan hindari minum obat pereda nyeri ini melebihi dosis yang dianjurkan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X