13 Gejala Penyakit Ginjal Kronis yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 23/11/2020, 14:07 WIB
ilustrasi penyakit ginjal Kompas.comilustrasi penyakit ginjal

KOMPAS.com - Penyakit ginjal kronis adalah kondisi jangka panjang di mana ginjal tidak dapat lagi bekerja sebagaimana mestinya.

Penyakit ini tak layak disepelekan karena bisa menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya.

Merangkum National Kidney Foundation, penyakit ginjal kronis termasuk kondisi yang merusak ginjal dan dapat menurunkan kemampuannya untuk membuat seseorang tetap sehat.

Baca juga: 10 Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Jika penyakit ginjal semakin parah, limbah sisa metabolisme sel dapat menumpuk di dalam darah dan akan membuat penderitanya merasa sakit.

Penderitanya mungkin akan mengalami komplikasi seperti tekanan darah tinggi, anemia ( darah rendah), tulang lemah, kesehatan nutrisi yang buruk, dan kerusakan saraf.

Selain itu, penyakit ginjal dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Masalah-masalah ini dapat terjadi secara perlahan dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu, upaya deteksi dan pengobatan dini penting karena seringkali dapat mencegah penyakit ginjal kronis semakin parah.

Ketika penyakit ginjal terus berkembang, pada akhirnya dapat pula menyebabkan gagal ginjal yang membutuhkan dialisis atau transplantasi ginjal untuk mempertahankan hidup.

Gejala penyakit ginjal kronis

Merangkum NHS, penyakit ginjal cenderung tidak menimbulkan gejala pada tahap awal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X