Kompas.com - 23/12/2020, 20:06 WIB
Ilustrasi gula pasir menjadi bahan utama untuk mengubah warna lampu LED. Riset yang dilakukan peneliti LIPI ini dapat menjadi ide usaha rumahan lampu hias yang murah. SHUTTERSTOCK/Alexander ProkopenkoIlustrasi gula pasir menjadi bahan utama untuk mengubah warna lampu LED. Riset yang dilakukan peneliti LIPI ini dapat menjadi ide usaha rumahan lampu hias yang murah.

KOMPAS.com - Banyak pola makan dan kebiasaan gaya hidup yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan menyebabkan Anda menambah lemak tubuh.

Salah satu pola makan yang bisa menyebabkan hal tersebut adalah mengasup gula berlebih.

Mengonsumsi makanan tinggi gula tambahan, seperti yang ditemukan dalam minuman manis, permen, makanan yang dipanggang, dan sereal bergula merupakan faktor yang berkontribusi dalam penambahan berat badan dan bahkan kondisi kesehatan kronis, termasuk obesitas, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.

Baca juga: 5 Buah untuk Menurunkan Gula Darah

Cara-cara di mana tambahan asupan gula ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan peningkatan lemak tubuh sebenarnya sangatlah rumit dan melibatkan banyak faktor.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa konsumsi gula bisa menggemukkan:

1. Tinggi kalori kosong

Beberapa jenis gula tambahan kerap dijadikan sebagai pemanis makanan atau minuman untuk meningkatkan rasa.

Beberapa jenis gula yang umum digunakan, termasuk fruktosa, sirup jagung, gula tebu, dan agave.

Melansir Health Line, kelebihan konsumsi gula tersebut dapat menyebabkan Anda menjadi gemuk karena tinggi kalori sambil menawarkan sedikit nutrisi lain.

Misalnya, 2 sendok makan (30 ml) sirup jagung pemanis biasa dapat mengandung 120 kalori hanya dari karbohidrat.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X