Kompas.com - 28/02/2021, 14:15 WIB
Ilustrasi minuman manis ShutterstockIlustrasi minuman manis

KOMPAS.com - Memang terasa menyegarkan msata mencicipi minuman manis seperti jus, soda, atau es teh manis di tengah terik matahari.

Namun, dibalik rasanya yang nikmat dan menyegarkan itu, ternyata ada bahaya besar yang mengintai kita.

Bahkan, minuman manis yang dipasarkan dengan label "sehat" pun tetap bisa menimbulkan konsekuensi serius untuk kesehatan kita.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Picu Efek Samping Mirip Kanker Payudara, Berbahayakah?

Berikut berbagai bahaya terlalu banyak mengonsumsi minuman manis:

1. Gangguan liver

Menurut laporan journal of Hepatology terlalu banyak konsumsi gula, khususnya dalam bentuk sirup jagung, bisa meningkatkan risiko penyakit liver.

Gula bisa menyebabkan kerusakan pada organ liver atau hati kita.

Riset dalam jurnal nutrients juga membuktikan segala bentuk jenis gula bisa menyebabkan penyakit hati berlemak non-alkohol.

2. Penyakit jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, peningkatan asupan gula secara langsung berkorelasi dengan masalah jantung.

Terlalu banyak konsumsi minuman manis bisa menyebabkan penumpukan lemak yang memicu masalah jantung.

Dalam riset yang diterbitkan The Journal of Endocrinology and Metabolism, terlalu banyak konsumsi minuman manis bisa memicu penyakit jantung, resistensi insulin yang menyebabkan diabetes tipe 2, dan berbagai gangguan kardiovaskular.

Halaman:

Sumber eatthis
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X