Kompas.com - 30/03/2021, 18:01 WIB
Ilustrasi pemeriksaan penyakit jantung koroner atau arteri koroner. Ilustrasi pemeriksaan penyakit jantung koroner atau arteri koroner.

KOMPAS.com - Penyakit jantung rematik adalah kondisi saat katup jantung rusak secara permanen akibat demam rematik.

Kerusakan katup jantung ini dapat muncul setelah infeksi seperti radang tenggorokan atau demam berdarah yang tidak tertangani.

Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi gagal jantung sampai infeksi jantung akut.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkat penyebab sampai gejala penyakit jantung rematik.

Baca juga: Hati-hati, Ini 11 Tanda Penyakit Jantung yang Kerap Diabaikan

Penyebab penyakit jantung rematik

Melansir Johns Hopkins Medicine, penyebab penyakit jantung rematik utamanya dari demam rematik yang tidak mendapatkan penanganan medis tepat.

Demam rematik adalah penyakit peradangan yang dapat menyerang jaringan ikat, terutama di jantung, sendi, kulit, atau otak.

Apabila tidak ditangani, katup jantung bisa meradang dan meninggalkan bekas luka parut.

Lambat laun, masalah kesehatan ini menyebabkan penyempitan atau kebocoran katup jantung dan mengganggu fungsi jantung.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung rematik bisa bermula dari sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri Streptococcus pyogenes.

Pada beberapa orang, infeksi berulang ini memicu gangguan sistem daya tahan tubuh. Imbasnya, tubuh jadi meradang dan mengalami demam rematik.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X