Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 Masih Ada, Ini yang Terjadi Jika Kita Malas Pakai Masker

Kompas.com - 14/08/2021, 19:33 WIB
Ariska Puspita Anggraini

Penulis

KOMPAS.com - Sejak awal pandemi Covid-19 terjadi, pemerintah sudah menetapkan aturan yang mewajibkan kita untuk memakai masker.

Berbagai riset telah membuktikan bahwa pakai masker sangat efektif untuk mencegah penularan Covid-19.

Sebab, penyebaran utama penyakit akibat virus Corona tersebut terjadi lewat tetesan droplet.

Dengan memakai masker, maka tetesan droplet trsebut akan terhalang dan tidak menimbulkan penyebaran penyakit.

Mereka yang telah mendapatkan vaksin lengkapCovid-19 pun uga dianjurkan memakai masker.

Sebab, orang yang sudah mendapatkan vaksin masih bisa menyebarkan virus, termasuk virus Corona varian delta yang diklaim sangat menular dan berbahaya.

Baca juga: Pakai Masker Bikin Jerawatan, Ini 4 Cara Mengatasinya

Lalu apa yang terjadi jika kita tidak pakai masker?

Data dari Pusat Pencegahan dan Perlindungan Penyakit AS menunjukan bahwa orang yang telah mendapatkan vaksin tetap mampu menyebarkan varian delta, bahkan tanpa menunjukan gejala.

Di sisi lain, masih banyak orang yang belum mendapatkan vaksin. Jika terpapar virus penyebab pandemi ini, mereka berisiko tinggi mengalami gejala atau komplikasi berat.

Jumlah virus di sekitar ita juga semakin banyak dan terus bermutasi menjadi bentuk yang jauh lebih menular dan berbahaya.

Untuk menekan jumlah virus ini, salah satunya adalah mengurangi jumlah orang yang terpapar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, salah satunya memakai masker.

Apakah pakai masker ampuh cegah penularan varian delta?

Pakar penyakit menular dari Cleveland Clinic, Kristin Englund, mengatakan bahwa pakai masker tetap menjadi cara yang efektif untuk melindungi diri dari Covid-19, termasuk varian delta.

"Selama ini, para ahli telah membuktikan bahwa pakai masker masih efektif untuk mencegah penularan virus Corona, setidaknya memperlambat penyebaran," tambahnya.

Menerapkan protokol kesehatan, kata Englund, merupakan cara terbaik untuk mencegah atau memperlambat penularan virus Corona.

Baca juga: 3 Teknik Relaksasi untuk Hempaskan Stres

"Pakai masker, physical distancing, dan vaksin adalah carajitu untuk menjaga diri dan orang sekitar dari Covid-19. Kita tidak boleh mengabaikan semua hal tersebut," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com