Kompas.com - 29/08/2021, 20:00 WIB

KOMPAS.com – Kanker paru-paru adalah kanker yang menyerang organ paru-paru.

Tidak jarang orang-orang yang mengalami kanker paru-paru ternyata merasakan sakit punggung.

Beberapa orang bahkan mengalami sakit punggung sebagai gejala pertama dari penyakit berbahaya ini.

Baca juga: Penyebab Sakit Punggung pada Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Meski demikian, tak banyak orang yang mungkin berpikir jika sakit punggung bisa berkaitan dengan kanker paru-paru.

Sakit punggung pada umumnya disangka hanya sebagai kondisi yang bisa disebabkan oleh trauma fisik, seperti ketegangan otot dan cakram pecah, atau penyakit degeneratif, seperti radang sendi (arthritis) dan osteoporosis.

Padahal, banyak sumber menyatakan bahwa sekitar 25 persen penderita kanker paru-paru melaporkan sakit punggung sebagai gejala yang dirasakan dalam beberapa kesempatan.

Hubungan kanker paru-paru dan sakit punggung

Dilansir Very Well Health, sementara sakit punggung yang disebabkan oleh kanker paru-paru bisa memiliki kesamaan dengan banyak gangguan lain, ia juga bisa memiliki perbedaan yang jelas.

Banyak dari perbedaan ini berhubungan dengan bagaimana dan di mana kanker menyebabkan rasa sakit, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berdasarkan penelitian berjudul “Incidence and consequences of bone metastases in lung cancer patients” yang diterbitkan dalam Journal of Bone Oncology pada 2013, berikut adalah beberpa kemungkinan cara kanker paru-paru dapat menghasilkan sakit punggung:

  • Tekanan langsung yang dapat ditempatkan tumor pada struktur punggung, lebih sering daripada tidak, berada di punggung tengah ke atas daripada punggung bawah.
  • Keganasan sel-sel kanker dapat mengiritasi saraf yang melayani lapisan paru-paru dan dinding dada, memicu nyeri saraf yang tajam dan terkadang kronis
  • Penyebaran kanker (metastasis) dari paru-paru ke tulang belakang dan tulang merupakan kejadian yang dialami oleh lebih dari 30 persen penderita kanker paru-paru
  • Metastasis kanker ke kelenjar adrenal (terjadi pada 40 persen penderita kanker paru-paru) dapat menyebabkan nyeri lokal karena letaknya tepat di atas ginjal

Baca juga: 8 Kebiasaan yang Baik Dilakukan untuk Bantu Mengatasi Sakit Punggung

Penting untuk dicatat bahwa nyeri punggung bukan hanya bisa menjadi gejala kanker paru-paru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.