Kompas.com - 18/09/2021, 20:02 WIB

KOMPAS.com – Ada beberapa teori tentang apa yang menjadi penyebab inflammatory bowel disease (IBD), tetapi tidak ada yang telah terkonfirmasi.

Sebagai penyakit idiopatik atau tidak diketahui penyebabnya secara pasti, IBD pun diyakini bisa terjadi karena satu atau beberapa faktor sekaligus.

Sistem kekebalan yang tidak berfungsi, genetika, kondisi lain, dan faktor risiko tertentu semuanya dipercaya berpotensi memainkan peran.

Baca juga: 21 Jenis Penyakit Autoimun yang Lebih Sering Dialami Wanita daripada Pria

Meskipun pernah digagas bahwa makanan dan tingkat stres dapat menyebabkan IBD, anggapan tersebut rasanya tidak berlaku lagi kini.

Kedua hal itu hanya dianggap bisa menyebabkan serangan IBD pada orang-orang yang telah didianosis memiliki kondisi tersebut.

Penyebab IBD

IBD sering disebut penyakit autoimun, yakni penyakit yang dipicu oleh sistem kekebalan tubuh.

Tetapi, lebih akurat jika IBD dikatakan sebagai penyakit dari respons yang dimediasi oleh kekebalan tubuh.

Melansir Medical News Today, IBD merupakan penyakit yang ditandai dengan peradangan pada saluran pencernaan.

IBD bisa juga dipahami sebagai penyakit untuk mewakili tiga kondisi, yakni penyakit Crohn (Crohn’s disesase/CD), kolitis ulserativa (ulcerative colitis/UC), dan kolitis tak tentu (indeterminate colitis/IC).

Pada penyakit Crohn, peradangan lebih sering terjadi di bagian akhir usus kecil (ileum) dan di awal usus besar, meskipun tidak menutup kemungkinan bisa memengaruhi semua bagian saluran pencernaan dari mulut sampai anus.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.