Kompas.com - 22/09/2021, 20:01 WIB
Ilustrasi Vera_PetruninaIlustrasi

KOMPAS.com – Beberapa pasangan suami istri baru mungkin belum tahu mengapa usia kehamilan bisa lebih tua daripada usia pernikahan mereka.

Ketika hal ini terjadi, mereka pun dapat mengalami selisih paham.

Di mana, sang suami bisa menuduh sang istri hamil sebelum menikah atau mereka berdua bisa sama-sama panik bilamana suatu ketika disangka melakukan hubungan badan sebelum menikah.

Baca juga: 11 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Tak Disadari, Termasuk Jerawat?

Kasus tersebut biasanya terjadi pada pengantin baru setelah mengunjungi dokter.

Misalnya, ketika bertemu dokter, mereka diberi tahu bahwa usia kehamilan sang istri sudah mencapai 6 pekan atau 7 pekan. Padahal pernikahan mereka baru digelar 3 pekan atau 4 pekan lalu.

Dalam kasus ini, pasangan suami istri sebenarnya tidak perlu kaget ketika dokter menyatakan usia kehamilan istri lebih tua dari usia pernikahan.

Hal itu dikarenakan, acuan yang sering digunakan dokter untuk menghitung usia kehamilan bukan berdasarkan hari ketika ovulasi, melainkan berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT).

Usia kehamilan ini sering disebut juga sebagai gestational age.

Dalam Buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat (2019) bikinan dr. Suwignyo Siswosuharjo, Sp.OG., M.Kes., dan Fitria Chakrawati, S.Sos., MM., dijelaskan bahwa secara biologis, umur kehamilan ibu sebenarnya adalah sejak terjadinya ovulasi sampai hari ini (hari dilakukannya perhitungan kehamilan).

Jadi perlu dipahami bahwa hari ovulasi bukan hari yang sama dengan HPHT.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.