11 Tanda Awal Kehamilan yang Sering Tak Disadari, Termasuk Jerawat?

Kompas.com - 08/07/2020, 13:31 WIB
ilusrasi wanita berjerawat Tomwang112ilusrasi wanita berjerawat

KOMPAS.com – Melakukan tes kehamilan adalah satu-satunya cara untuk memastikan kehamilan. Namun, untuk mengetahui kondisi tersebut, Anda juga bisa mengenali ciri-ciri hamil.

Selama trimester pertama kehamilan, perubahan hormon terjadi secara signifikan pada wanita dan dapat menimbulkan sejumlah gejala.

Beberapa gejala ini dapat muncul di minggu-minggu pertama kehamilan sebagai tanda awal kehamilan.

Baca juga: 9 Tanda-tanda Awal Kehamilan Menurut Dokter Obgyn

Kebanyakan orang mungkin telah mengetahui beberapa tanda awal kehamilan yang paling umum terjadi, seperti mual dan muntah atau dikenal sebagai morning sickness, dan telat haid.

Namun pada kenyataannya, ada banyak juga tanda kehamilan potensial yang tidak semua orang akan mengalami semuanya, sehingga bisa disebut juga sebagai ciri-ciri hamil yang kurang umum.

Melansir berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri hamil yang sering tak disadari:

1. Mimisan

Melansir Medical News Today, mimisan bisa saja terjadi pada kehamilan karena perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh wanita.

Mimisan pada ibu hamil jarang menimbulkan masalah serius, dan cenderung mudah ditangani di rumah.

2. Mood swing

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X