Kompas.com - 27/09/2021, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Apendiks atau usus buntu merupakan organ tubuh yang unik. Sebab, manusia bisa hidup tanpa organ satu ini.

Dokter juga masih belum memahami dengan pasti apa manfaat dari usus buntu ini.

Namun, usus buntu bisa mengalami infeksi atau radang yang memicu rasa sakit luar biasa. Ahli bedah umum William O’Brien juga mengatakan infeksi usus buntu memerlukan perhatian medis secepat mungkin.

“Radang usus buntu atau apendisitis adalah kondisi serius dan darurat,” ucap O’Brien.

Baca juga: Mata Berair

Seperti apa rasanya sakit usus buntu?

Apendisitis bisa awalnya terasa seperti sakit perut. Kemudian rasa sakit tersebut akan turun ke bagian bawah perut sebelah kanan, yang terletak di antara tulang rusuk dan tulang pinggul Anda.

Rasa sakit tersebut terasa nyeri dan seakan ada benjolan. Pada ibu hamil, radang infeksi usus buntu akan memicu rasa sakit di sisi kanan atas.

Sekitar delapan persen mengalami radang usus buntu selama hidup mereka. Penyakit ini paling umum pada orang dewasa, usia 18 hingga 25, dan pada anak-anak, usia 10 hingga 19.

Faktanya, penyakit ini adalah alasan paling sering untuk operasi darurat pada anak-anak. Apendisitis tidak terjadi akibat kondisi genetik dan tidak bisa ditularkan ke orang lain.

Tetapi tidak ada yang dapat dilakukan untuk mencegahnya atau mengurangi risiko Anda terkena penyakit ini.

Penyebab

Menurut O’Brien, infeksi usus buntu terjadi ketika ada penyumbatan di organ tersebut. Penyumbatan tersebut bisa terjadi karena hal berikut:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.