Kompas.com - 03/10/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Gangguan bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang melibatkan perubahan signifikan dalam suasana hati dan gejala lainnya.

Beberapa karakteristik kondisi dan dampaknya bisa berbeda untuk wanita, dibandingkan dengan pria.

Gangguan bipolar dapat dimulai pada usia berapa pun dan berkembang pada pria dan wanita dengan kecepatan yang sama meskipun ada perbedaan di antara keduanya.

Misalnya, menurut studi berjudul "Bipolar Disorder in Women", wanita akan memiliki periode gejala depresi yang lebih lama daripada pria.

Kondisi ini pun menyebabkan gangguan bipolar yang diidap oleh wanita pun akan lebih sulit untuk didiagnosis.

Baca juga: Bipolar: Gejala, Jenis, Penyebab, Cara Diagnosis, dan Cara Perawatan

Wanita mungkin juga memiliki risiko lebih tinggi terhadap kondisi yang dapat menyertai gangguan bipolar, seperti migrain, masalah tiroid, obesitas, dan gangguan kecemasan.

Selain itu, dan yang terpenting, kehamilan, menstruasi, dan menopause dapat memengaruhi gejala dan pilihan pengobatan untuk gangguan bipolar.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui gejala bipolar pada wanita agar bisa melakukan tindakan preventif.

Gejala bipolar pada wanita

Untuk diagnosis gangguan bipolar, seseorang perlu mengalami setidaknya satu episode mania atau hipomania, yang merupakan suasana hati "tinggi".

Hal ini dijelaskan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5) yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.