Kompas.com - 07/10/2021, 21:03 WIB

KOMPAS.com – Radang sendi atau arthritis mengacu pada berbagai kondisi yang melibatkan rasa sakit dan peradangan pada persendian.

Dilansir dari Medical News Today, radang sendi bisa berupa kondisi degeneratif yang berarti gejalanya cenderung memburuk dari waktu ke waktu atau termasuk penyakit autoimun dengan gejala ekstra-artikular terkait yang ditandai dengan peradangan dan perjalanan klinis kronis.

Kedua jenis arthritis ini termasuk osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Beda Penyakit Rematik dan Asam Urat

Osteoarthritis terutama terjadi ketika keausan tulang rawan menyebabkan tulang bersentuhan, menyebabkan gesekan, kerusakan, dan peradangan.

Sementara, rheumatoid arthritis adalah kondisi sistemik yang memicu gejala di seluruh tubuh.

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun dan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sendi yang sehat.

Dokter pada dasarnya dapat meresepkan obat-obatan untuk menghilangkan rasa sakit radang sendi, tetapi mereka juga bisa merekomendasikan pendekatan alami.

Yang jelas, ingatlah bahwa sebaiknya selalu berbicara lebih dulu dengan dokter sebelum mencoba cara pengobatan apa pun untuk radang sendi, baik itu melibatkan obat-obatan atau tidak.

Cara mengobati nyeri radang sendi

Terdapat sejumlah cara mengatasi nyeri radang sendi secara alami yang dapat dipertimbangkan.

Ini mungkin termasuk:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.