Kompas.com - 21/10/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.comSerangan panik adalah episode ketakutan intens tiba-tiba yang memicu reaksi fisik yang parah ketika tidak ada bahaya nyata atau penyebab yang jelas.

Serangan panik bisa sangat menakutkan.

Ketika serangan panik terjadi, Anda mungkin berpikir Anda kehilangan kendali, mengalami serangan jantung atau bahkan sekarat.

Banyak orang hanya mengalami satu atau dua kali serangan panik dalam hidup mereka, dan masalahnya hilang, mungkin ketika situasi yang membuat stres berakhir.

Baca juga: 7 Cara Jaga Kesehatan Mental Anak di Masa Pandemi

 

Namun, jika Anda mengalami serangan panik yang berulang dan tidak terduga dan menghabiskan waktu lama dalam ketakutan akan serangan lain, Anda mungkin memiliki kondisi yang disebut gangguan panik.

Meskipun serangan panik itu sendiri tidak mengancam jiwa, kondisi ini bisa menakutkan dan secara signifikan mempengaruhi kualitas hidup Anda. 

Gejala serangan panik

Melansir dari Mayo Clinic, serangan panik biasanya dimulai secara tiba-tiba, tanpa peringatan.

Kondisi ini dapat menyerang kapan saja — ketika Anda sedang mengendarai mobil, di mal, tertidur lelap atau di tengah pertemuan bisnis.

Anda mungkin mengalami serangan panik sesekali atau mungkin sering.

Serangan panik memiliki banyak variasi, tetapi gejala biasanya memuncak dalam beberapa menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.