Kompas.com - 06/01/2022, 22:01 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pasangan yang berhubungan seks pernah merasakan “kecelakaan” kondom tertinggal di dalam vagina.

Kondisi ini kemungkinan terjadi karena kondom terlalu besar, kondom kekecilan, atau pasangan tidak berhati-hati saat melepas kondom setelah ejakulasi.

Untuk mengenal salah satu masalah yang tak terhindarkan ketika berhubungan seks ini, kenali bahaya kondom tertinggal di dalam vagina, cara mengatasinya, sampai cara mencegahnya.

Baca juga: 7 Penyebab Mengapa Kondom Bocor yang Kerap Disepelekan

Bahaya kondom tertinggal di dalam vagina

Melansir Kid’sHealth, kondom tertinggal di dalam vagina dapat meningkatkan risiko terkena infeksi menular seksual dan kehamilan yang tidak direncanakan.

Seperti diketahui, kondom adalah salah satu alat kontrasepsi untuk mengontrol kehamilan dan mencegah penularan penyakit menular seksual.

Jadi, ketika kondom terlepas dari penis dan tertinggal di dalam vagina, fungsi perlindungan alat kontrasepsi ini hilang.

Baca juga: Kondom Bocor, Apa yang Harus Dilakukan?

Kondom tertinggal, apa yang harus dilakukan?

Apabila terjadi kecelakaan kondom terlepas dan tertinggal di dalam vagina ketika berhubungan seks, ada sejumlah hal yang perlu Anda lakukan.

Melansir Planned Parenthood, cara mengatasi kondom tertinggal di dalam vagina yakni pertama-tama dengan mencari posisi yang nyaman dan rileks. Wanita bisa berdiri di kamar mandi atau berbaring di tempat tidur.

Ketika sudah menemukan posisi yang nyaman, tarik napas beberapa kali agar vagina tidak tegang.

Setelah itu, coba cari bagian ujung kondom yang paling dekat dari vagina dengan jari yang sudah dibersihkan. Setelah ketemu, baru tarik kondom ke arah luar vagina perlahan-lahan.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.