Kompas.com - 15/01/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah telah menetapkan pengguna vaksin primer Sinovac (Coronavac) untuk mendapatkan vaksin booster setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca, di mana gerakan vaksinasi booster telah dimulai pada 12 Januari 2022.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah meloloskan 5 merek vaksin booster karena ditemukan penurunan efikasi untuk melawan mutasi baru Covid-19.

Mengutip Sehat Negeriku, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dr Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa hasil studi menunjukkan terjadi penurunan antibodi pada 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap.

Sehingga, dibutuhkan pemberian dosis lanjutan (booster) untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan.

Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) menganjurkan pemberian vaksinasi
booster untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun.

ITAGI menjelaskan bahwa vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer 2 dosis (lengkap).

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Pentingkah Vaksin Booster Untuk Anak-Anak?

Kegunaan vaksin booster

"Tujuannya adalah untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan,” kata ITAGI tentang kegunaan vaksin booster pada Kamis (13/1/2022) di Jakarta.

Mengutip Health, dua dosis vaksin Covid-19 telah memberikan perlindungan yang sangat baik, terutama terhadap penyakit parah.

Kemudian, vaksin booster akan memastikan kita mendapatkan perlindungan dari dua dosis pertama lebih kuat dan tahan lama, dan akan membantu mencegah penyebaran virus.

Vaksin booster meningkatkan perlindungan kita terhadap:

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.