Kompas.com - 03/02/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Lidah buaya umumnya kita tahu untuk menyehatkan kulit, tetapi tanaman ini menyimpan khasiat untuk menurunkan kadar diabetes.

Mengutip Healthline, penelitian menunjukkan bahwa jus lidah buaya dapat membantu penderita diabetes mengelola kadar gula darah mereka.

Lidah buaya mengandung komponen aktif, meliputi:

  • Vitamin
  • Mineral
  • Enzim
  • Asam amino

Baca juga: Apakah Makan Jeroan Bisa Picu Kolesterol Tinggi?

Para peneliti telah menggali potensi lidah buaya untuk membantu orang menurunkan kadar gula darah tinggi dan menjaga diabetes mereka tetap terkendali.

Pada 2016, tim peneliti meninjau sejumlah studi penelitian tentang penggunaan lidah buaya pada penderita diabetes dan pradiabetes.

Beberapa penelitian tersebut melihat dampak lidah buaya pada faktor-faktor penting yang mempengaruhi kesehatan seseorang dengan diabetes.

Laporan sejauh ini adalah bahwa lidah buaya tampaknya memiliki dampak positif pada kontrol indeks glikemik.

Indeks glikemik adalah skor angka untuk menentukan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula darah.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Khasiat yang diklaim

Penelitian menunjukkan bahwa jus atau suplemen lidah buaya berpotensi memiliki sejumlah manfaat bagi penderita diabetes.

Mengutip Healthline, sebuah studi 2015 menunjukkan bahwa mengonsumsi gel lidah buaya dapat membantu orang mencapai kadar glukosa darah puasa yang lebih baik, serta mengurangi lemak dan berat badan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.