Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mata Berair pada Bayi, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 16/02/2022, 08:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian dari Anda barangkali pernah mengamati dan bertanya-tanya, kenapa mata bayi terlihat berair seperti habis mengangis?

Dilansir dari NHS, mata berair pada bayi biasanya normal. Kondisi ini dipengaruhi saluran air mata bayi yang masih kecil.

Mata berair pada bayi ini umumnya bakal berangsur-angsur terlihat seperti mata kebanyakan orang ketika usianya sudah satu tahun ke atas.

Di luar kondisi tersebut, mata berair pada bayi juga bisa jadi tanda suatu penyakit. Kenali penyebab mata berair pada bayi sampai kapan perlu waspada.

Baca juga: Kenali 7 Gejala Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi dan Anak

Penyebab mata berair pada bayi

Penyebab mata berair pada bayi yang berlebihan bisa disebabkan iritasi ringan, alergi, infeksi, sampai penyumbatan saluran air mata. Dikutip dari AllAboutVision, berikut beberapa di antaranya:

  • Iritasi mata ringan

Terkadang, bayi tanpa sadar menyeka mata dengan kondisi tangan yang kotor ketika tidur atau di sela-sela aktivitasnya.

Selain mata berair, gejala iritasi ini biasanya mata jadi mengeluarkan lendir dan berkerak ketika kering.

  • Konjungtivitis

Konjungtivitis adalah infeksi yang menyerang selaput lendir mata. Penyakit menular ini biasanya disebabkan virus atau bakteri.

Gejala konjungtivitis pada bayi di antaranya mata berair, mata merah, keluar lendir berwarna kekuningan atau kehijauan dari mata, atau bayi susah membuka mata karena matanya terganjal lendir yang lengket.

Baca juga: 4 Cara Menurunkan Demam pada Bayi

  • Alergi

Paparan zat pemicu alergi seperti asap, debu, bulu hewan peliharaan juga dapat menyebabkan peradangan pada konjungtiva atau selaput lendir mata bayi.

Gejala alergi ini biasanya mata berair yang berlebihan. Jika gejala cukup parah, infeksi bisa berkembang menjadi konjungtivitis.

  • Bintitan

Bintitan adalah benjolan mirip jerawat yang terbentuk di kelenjar minyak kelopak mata. Gejala bintitan pada bayi di antaranya mata berair, mata merah, dan muncul benjolan kecil di kelopak mata.

  • Saluran air mata tersumbat

Penyumbatan saluran air mata bayi juga bisa menyebabkan gejala mata berair yang berlebihan, sehingga mata bayi terlihat sangat sembab.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Kering pada Bayi

Cara mengatasi mata berair pada bayi

Cara mengobati mata berair pada bayi perlu disesuaikan dengan akar penyebab mendasarnya.

Namun, para orangtua sebaiknya tidak sembarangan memberikan obat pada si kecil tanpa pengawasan atau rekomendasi dari dokter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com