Kompas.com - 21/02/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Sakit tenggorokan adalah salah satu gejala Covid-19 varian Omicron yang kerap dilaporkan penderitanya.

Dilansir dari Everyday Health, penelitian yang dilaporkan otoritas kesehatan di Inggris menunjukkan, sebanyak 53 persen orang yang positif Omicron merasakan gejala sakit tenggorokan.

Persentase tersebut lebih besar dibandingkan sakit tenggorokan yang dirasakan orang yang positif Delta (varian virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 sebelumnya).

Baca juga: Batuk dan Pilek pada Anak Gejala Covid-19 atau Bukan? Ini Kata Dokter

Seperti diketahui, sakit tenggorokan karena Covid-19 bisa sangat mengganggu penderitanya karena terkadang sampai menyebabkan nyeri saat menelan.

Kondisi ini bisa menyebabkan penderita tidak nafsu makan sampai susah menelan cairan.

Sebelum menyimak beberapa cara mengobati sakit tenggorokan karena Covid-19, ketahui dulu kaitan antara sakit tenggorokan dan Covid-19 Omicron.

Baca juga: Kenapa Hasil Tes Covid-19 dalam Sehari Bisa Berbeda? Ini Kata Ahli...

Sakit tenggorokan dan Covid-19 Omicron

Penderita Omicron banyak yang merasakan gejala Covid-19 sakit tenggorokan karena Omicron cenderung menginfeksi saluran pernapasan bagian atas.

Hal ini sedikit membedakan Omicron dengan Delta yang dapat menginfeksi saluran pernapas bawah atau sampai menyerang paru-paru.

Karena lebih sering menginfeksi saluran pernapasan atas, Omicron juga lebih mudah menular dibandingkan varian virus corona lainnya.

Ihwal berapa lama sakit tenggorokan karena Covid-19, hal ini dapat dipengaruhi status vaksinasi Covid-19 dan kondisi kesehatan penderita.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.