Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menurut Medical News Today, orang yang memiliki kolesterol tinggi atau sedang menjaga kadar kolesterolnya disarankan untuk menambahkan ikan-ikanan ke dalam menunya.

Baca juga: Kolesterol Tinggi

Beberapa makanan laut, seperti lobster, tiram, dan kepiting, memang menjadi salah satu penyebab kolesterol.

Namun, hampir semua ikan mengandung omega 3 dan rendah akan lemak jenuh yang berarti rendah juga akan risiko kolesterol.

Tidak hanya menurunkan kolesterol, kandungan dalam ikan juga menurunkan risiko akan penyakit kardiovaskular (jantung).

American Health Association menyarankan untuk mengonsumsi ikan setidaknya 220 gram ikan per minggu demi menurunkan kolesterol.

Namun, jenis ikan sangatlah beragam dan banyak ikan yang mengandung merkuri. Jadi, manakah jenis ikan yang cocok untuk menurunkan kolesterol dan aman dari merkuri?

Merangkum dari Medical News Today dan Healthline, berikut ini jenis ikan yang aman dikonsumsi untuk penderita kolesterol:

1. Ikan salmon

Ada banyak cara sehat untuk mengolah salmon, yaitu direbus dalam suhu rendah, dibakar langsung diatas api, dan dipanggang di dalam oven menggunakan aluminium foil.

2. Ikan trout

Untuk menjaga lemak jenuh rendah, ikan trout dapat dibakar atau direbus dengan kaldu ayam atau sayur. Ikan trout juga dapat dijadikan salad atau pai ikan.

3. Ikan sarden

Ikan sarden yang siap saji di kaleng-kaleng di supermarket juga menjadi alternatif yang bagus. Selain harganya yang murah, penyajiannya yang cepat dapat menghemat waktu di hari yang sibuk.

Baca juga: Bisa Sebabkan Keracunan Merkuri, Begini Cara Aman Konsumsi Ikan

4. Ikan lele

Tidak hanya harganya yang murah dan mudah dijumpai di mana pun, ikan lele juga tinggi akan omega 3 dan rendah kalori cocok untuk menurunkan kolesterol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+