Kompas.com - 04/03/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Cara mengatasi ngantuk setelah makan bisa dilakukan dengan melakukan beberapa perubahan pola makan dan menjalankan gaya hidup sehat.

Perlu diketahui, mengantuk atau ngantuk setelah makan sebenarnya kondisi yang normal. Kondisi ini dalam dunia kesehatan dikenal dengan postprandial somnolen.

Dilansir dari Healthline, alasan utama kenapa kita ngantuk setelah makan disebabkan tubuh menggunakan banyak energi untuk mencerna asupan yang baru dikonsumsi.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Jadi Ngantuk setelah Makan

Namun, kondisi ini perlu diwaspadai apabila Anda sudah menjalankan gaya hidup sehat tapi masih sering merasa ngantuk berlebihan setelah makan.

Terkadang, beberapa orang sampai merasakan sakit kepala, susah konsentrasi, lemas, dan matanya benar-benar sulit terjaga.

Sebelum menyimak beberapa cara mengatasinya, kenali dulu akar penyebab masalah ini.

Penyebab ngantuk setelah makan

Dilansir dari Prevention, proses mencerna makanan dari memecah makanan sampai memilah nutrisi tertentu dan mengirimkan ke bagian tubuh yang membutuhkan perlu banyak energi.

Tak pelak, seseorang jadi lelah atau ngantuk setelah makan. Selain itu, hormon insulin yang dibuat pankreas untuk mengontrol gula darah mendadak turun setelah melonjak terkena asupan.

Kondisi naik dan turunnya hormon insulin secara signifikan ini bisa membuat seseorang merasa lelah dan ngantuk setelah makan.

Di luar kondisi tersebut, ada beberapa penyebab ngantuk setelah makan yang tak tertahankan, antara lain:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.