Kompas.com - 18/04/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang kurang tidur dan merasakan akibat buruknya bagi kesehatan.

Kondisi ini memang pantang disepelekan. Pasalnya, tidur cukup dan berkualitas memengaruhi kesehatan, kebugaran, sampai kemampuan mengerjakan kegiatan sehari-hari.

Perlu diketahui, waktu tidur yang cukup bagi setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung usia dan kondisi kesehatannya.

Baca juga: 10 Penyebab Mendengkur saat Tidur, Bisa Jadi Tanda Penyakit

Kebanyakan orang dewasa butuh tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Waktu tidur ini semakin banyak seiring usia yang semakin muda. Bayi di bawah usia satu tahun butuh tidur sekitar 12–16 jam setiap hari.

Berikut penjelasan lebih lanjut akibat kurang tidur bagi kesehatan, penyebab, sampai cara mengatasinya.

Akibat kurang tidur bagi kesehatan

Akibat kurang tidur bakal kentara dampaknya bagi kesehatan dalam jangka pendek sampai panjang. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa di antaranya:

  • Gangguan daya ingat

Ketika tidur, otak akan membantu memproses dan mengingat informasi sepanjang hari. Tak pelak, akibat kurang tidur bisa menurunkan daya ingat, baik jangka pendek maupun panjang.

  • Memperburuk suasana hati

Kurang tidur dampak langsungnya bisa menyebabkan suasana hati jadi buruk, gampang emosi, dan mudah marah. Kondisi ini apabila berkepanjangan bisa memicu gangguan kecemasan sampai depresi.

  • Susah konsentrasi

Pernahkah Anda merasakan susah konsentrasi? Jika iya, coba cek apakah sudah tidur cukup setiap hari. Kemampuan berpikir sampai konsentrasi sangat tergantung kuantitas dan kualitas istirahat di malam hari

Baca juga: Hari Tidur Sedunia, Begini 6 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

  • Meningkatkan risiko kecelakaan

Kurang tidur praktis menyebabkan seseorang jadi meudah mengantuk keesokan harinya. Kondisi ini rawan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.