Kompas.com - 19/05/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Cara mengobati kanker usus perlu disesuaikan dengan stadium penyakit, jenis kanker, usia, sampai kondisi kesehatan penderita secara keseluruhan.

Dilansir dari American Cancer Society, untuk kanker usus stadium awal, dokter biasanya menganjurkan operasi sampai terapi radiasi dengan target tumor ganas yang belum menyebar.

Untuk jenis kanker usus stadium akhir atau kondisi tumor ganas sudah menyebar ke bagian tubuh lain, dokter tak hanya menyarankan operasi.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Kanker Usus yang Kerap Tak Disadari

Penderita biasanya juga dianjurkan menjalani perawatan sistemik dengan obat pembasmi kanker lewat kemoterapi, terapi target, imunoterapi, serta kombinasi beberapa terapi.

Berikut gambaran perawatan untuk mengobati kanker usus yang biasanya disarankan dokter.

Cara mengobati kanker usus

Dilansir dari Cancer.Net, ada beberapa cara mengobati kanker usus, di antaranya:

  • Operasi

Jenis pengobatan paling umum untuk kanker usus adalah operasi. Tindakan medis yang dikenal dengan istilah reseksi bedah ini mengangkat tumor ganas atau kanker, sebagian usus yang digerogoti kanker, dan kelenjar getah bening di dekat tumbuhnya kanker.

  • Terapi radiasi

Terapi radiasi dilakukan untuk membasmi sek kanker dengan sinar-X berenergi tinggi. Terapi ini tidak sekali jalan, tapi perlu dijadwalkan beberapa kali dalam satu periode. Biasanya, radiasi diberikan lima kali seminggu selama beberapa minggu.

  • Kemoterapi

Kemoterapi adalah terapi dengan obat untuk menghancurkan sel kanker. Obat-obatan ini dapat mencegah sel kanker tumbuh, membelah, dan berkembang biak. Terapi ini juga diberikan beberapa kali dalam satu periode.

Baca juga: 10 Gejala Kanker Usus Stadium Awal yang Pantang Disepelekan

  • Terapi target

Terapi target adalah perawatan dengan obat-obatan yang menyasar gen spesifik kanker, protein, atau jaringan yang dapat menunjang tumbuh kembang kanker. Pengobatan ini menghambat sel kanker tumbuh dan menyebar, sekaligus meminimalkan kerusakan sel sehat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.