Kompas.com - 15/05/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Mengenali gejala kanker usus stadium awal bisa membantu meningkatkan kewaspadaan pada salah satu kanker paling banyak diderita ini.

Perlu diketahui, banyak di antara penderita baru menyadari penyakitnya ketika kanker usus telah memasuki stadium lanjut.

Akibatnya, penyakit ini sudah parah, kanker telah menjalar dan merusak organ lain, dan peluang kesembuhan penderita semakin kecil.

Simak penjelasan mengenai kanker usus stadium awal berikut gejalanya yang pantang disepelekan berikut ini.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Kanker Usus yang Kerap Tak Disadari

Kanker usus stadium awal

Untuk menunjukkan tingkat keparahan penyakit, kanker usus dibagi menjadi lima stadium. Pembagian stadium ini biasanya menggunakan huruf dan angka.

Dilansir dari Cancer Center, kanker usus stadium awal biasanya menggambarkan kondisi penyakit yang belum berkembang secara masif, atau belum sampai stadium 2 atau ke atas.

Dikutip dari Healthline, kanker usus stadium 0 menunjukkan tahap paling awal kanker usus. Pada stadium ini, kanker belum tumbuh di luar lapisan terdalam usus atau mukosa.

Begitu penyakit kanker usus berkembang menjadi stadium 1, tumor ganas telah tumbuh di lapisan terdalam usus atau mukosa, sampai lapisan usus selanjutnya atau submukosa.

Namun, pada stadium ini kanker usus belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat.

Baca juga: Apa Penyebab Kanker Usus?

Gejala kanker usus stadium awal

Terdapat beberapa gejala kanker usus stadium awal yang perlu diwaspadai, antara lain:

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.