Kompas.com - 30/05/2022, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Penyakit jantung semakin berisiko pada mereka yang lanjut usia (lansia), sehingga penting untuk menjaga pola hidup sehat, termasuk cek kesehatan rutin hingga mengendalikan stres.

Di Indonesia, kategori lansia yaitu mereka yang berusia 60 tahun ke atas. 

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 8,9 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah (penyakit kardiovaskular).

Riskesdas di Indonesia 2018 menunjukkan bahwa populasi orang di atas 65 tahun yang mempunyai sakit jantung sebesar 4,6 persen.

Baca juga: Olahraga yang Membahayakan untuk Kesehatan Jantung

"Penting bagi kita untuk menyadari bahwa seiring dengan bertambahnya usia, fungsi tubuh juga mengalami penurunan termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya," kata
Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Badai Bhatara Tiksnadi.

Mengutip WebMD, penyakit jantung lebih berisiko dialami oleh pria, jika berdasarkan jenis kelamn.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Pada usia 60-an, risiko pria sekitar 20 persen dan wanita 10 persen.

Pada usia 80, angka-angka itu tumbuh menjadi pria 32 persen dan wanita hampir 19 persen.

Dalam konferensi pers virtual yang diadakan Entrasol untuk memperingati Hari Lanjut Usia pada Mingggu (29/5/2022), dr Badai mengatakan bahwa perlu "CERDIK" sebagai kunci dalam menjaga kesehatan jantung lansia.

"CERDIK, yaitu cek kesehatan teratur, enyahkan rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup, dan kendalikan emosi," jabarnya.

Baca juga: Olahraga 30 Menit Setiap Hari untuk Lansia Menjaga Kesehatan Jantung

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.