Kompas.com - 14/06/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Nyeri ligamen bundar merupakan rasa sakit dengan sensasi menusuk yang dirasakan ibu hamil pada perut bagian bawah atau daerah selangkangan.

Nyeri ligamen bundar atau juga dikenal sebagai nyeri perut bawah, sering dirasakan seorang wanita pada trimester kedua kehamilan.

Melansir WebMD, nyeri ligamen bundar merupakan keluhan umum dan dianggap sebagai hal wajar yang dialami oleh ibu hamil.

Baca juga: Nutrisi untuk Ibu Hamil dan Menyusui di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Penyebab nyeri ligamen bundar

Ligamen bundar adalah sepasang ligamen di panggul Anda yang menahan rahim Anda pada posisinya.

Kehamilan dapat menyebabkan ligamen ini menjadi panjang dan kencang. Pertumbuhan janin yang membuat perut membesar juga mengakibatkan ketegangan pada ligamen.

Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan ligamen Anda mengencang terlalu cepat dan menarik serabut saraf. Hal ini memicu rasa sakit atau nyeri yang menusuk.

Gejala nyeri ligamen bundar

Nyeri ligamen bundar bisa mengkhawatirkan dan tidak nyaman. Tapi itu dianggap normal karena tubuh Anda berubah selama kehamilan.

Gejala nyeri ligamen bundar yang paling mudah dikenali adalah kejang tiba-tiba yang intens di perut atau area pinggul Anda. Rasa sakit biasanya terjadi di sisi kanan.

Namun, pada beberapa kasus, ibu hamil mengalami nyeri ligamen bundar di kedua sisi.

Dilansir dari Healthline, kabar baiknya adalah nyeri ligamen bundar hanya bersifat sementara, namun aktivitas dan gerakan tertentu dapat menyebabkan nyeri tersebut muncul kembali.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.