Kompas.com - 21/07/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Beberapa wanita mungkin pernah mengalami nyeri perut bagian kiri bawah. Namun, tahukah bahwa sakit perut mungkin merupakan sinyal sistem reproduksi Anda sedang bermasalah?

Sakit perut bagian kiri bawah memang tak mengenakkan. Para wanita mungkin akan mengeluh kesakitan dan tentunya kondisi ini bisa mengganggu aktivitas mereka.

Dilansir dari Healthline, sakit perut pada bagian kiri bawah umumnya disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada kantung-kantung di sepanjang saluran pencernaan. Kondisi ini dalam istilah medis disebut divertikulitis.

Baca juga: Nyeri Perut Bawah pada Ibu Hamil, Apa Penyebab dan Kapan Harus Periksa?

Selain diverkulitis, nyeri perut bagian kiri bawah juga dikaitkan dengan kondisi sistem reproduksi wanita yang bermasalah.

Jangan disepelekan, berikut sederet masalah reproduksi wanita yang ditandani dengan nyeri perut bagian kiri bawah.

1. Kram menstruasi (dismenore)

Kram perut saat menstruasi sering menganggu aktivitas wanita. Rasa sakit saat kram bahkan membuat para wanita sulit tidur atau beristirahat.

Rasa sakit karena kram menstruasi bisa berubah dari ringan menjadi berat secara intens dalam waktu 24 jam di hari pertama menstruasi dan bisa berlanjut selama beberapa hari.

Tidak hanya bagian kiri bawah, kram menstruasi juga membuat seluruh bagian perut tak nyaman.

Beberapa orang memerlukan obat penghilang rasa sakit atau pain killer. Namun, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila ingin menggunakan obat-obatan tersebut.

Baca juga: Risiko Aborsi terhadap Kesehatan Reproduksi Wanita

2. Endometriosis

Endometriosis merupakan suatu ganguan ketika endometrium (jaringan yang melapisi rahim) tumbuh di luar dinding rahim.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.