Kompas.com - 17/08/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Lidah tidak ada rasa adalah gangguan indra perasa yang bisa menurunkan kualitas hidup.

Kondisi yang dikenal dengan istilah medis ageusia ini bisa membuat penderitanya tidak nafsu makan, berat badan jadi menurun, kekurangan gizi, sampai menghambat proses penyembuhan sakit.

Ada banyak penyakit dan kondisi penyebab lidah tidak ada rasa. Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, ageusia bisa dipicu gangguan saluran pernapasan seperti Covid-19, flu, influenza, polip hidung, sampai sinusitis.

Baca juga: Kenali Apa itu Ageusia, Kondisi Penyebab Lidah Tidak Ada Rasa

Selain itu, cedera kepala, hormon tidak seimbang, penyakit gigi dan mulut, penyakit saraf, penyakit autoimun, sampai efek obat terapi kanker, narkoba, dan rokok juga bisa jadi pemicu masalah kesehatan ini.

Cara mengatasi lidah tidak ada rasa perlu disesuaikan dengan akar penyebabnya. Simak penjelasan berikut.

Cara mengatasi lidah tidak ada rasa

Mengobati akar pemicu gangguan indra perasa bisa membantu memulihkan lidah tidak ada rasa. Berikut beberapa di antaranya:

  • Minum obat yang tepat

Dilansir dari Netmeds, jika penderita terkena infeksi bakteri terkait sinusitis bakteri, infeksi kelenjar ludah, sampai infeksi tenggorokan, dokter biasanya meresepkan obat antibiotik.

Sedangkan untuk meredakan lidah tidak ada rasa karena pilek, flu, atau rinitis alergi, dokter jamak memberikan obat dekongestan atau antihistamin.

Untuk meringankan gejala gangguan sistem saraf dan penyakit autoimun penyebab lidah tidak ada rasa, dokter biasanya juga meresepkan obat tertentu.

  • Setop merokok

Kebiasaan merokok bisa memperparah atau menghambat pemulihan kondisi lidah tidak ada rasa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.