Kompas.com - 07/09/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Sumber stres bisa datang dari mana saja, bahkan dari hal-hal yang sederhana seperti ikatan tali sepatu yang sering terlepas, pintu yang tidak bisa menutup rapat, hingga lukisan di dinding yang sedikit miring.

Ternyata, menurut Medical News Today, situasi yang membuat stres tersebut membuat tubuh memproduksi hormon yang bernama kortisol yang akan menyiapkan tubuh untuk menghadapi bahaya.

Meskipun bisa membuat seseorang lebih siap untuk menghadapi situasi tersebut, tingkat stres yang terus-menerus dirasakan akan berpengaruh pada kesehatan mental serta fisik.

Baca juga: Harapan Terlalu Tinggi Bisa Sebabkan Depresi

Kompas TV Hindari Depresi Dengan Makan Makanan Ini

Sebenarnya, obat stres tidak melulu berasal dari obat medis karena ternyata tersenyum bisa menurunkan stres yang dirasakan.

Tersenyum dan kaitannya dengan stres pada diri sendiri

Melansir Medical News Today, penelitian yang dimuat pada buku Psychological Science menyatakan bahwa tersenyum dalam keadaan stres bisa membantu memperbaiki suasana hati.

Penelitian tersebut melihat efek dari empat jenis senyum yang ternyata berguna untuk menyelamatkan partisipan dari suasana yang membuat stres.

169 partisipan diajak untuk memasang wajah datar, membentuk senyum di bibir, tersenyum tulus di mana mulut dan mata membentuk senyum, serta memaksakan senyum dengan bantuan sumpit yang dipasang di dalam mulut.

Partisipan yang telah dibagi menjadi empat kelompok tersebut kemudian diminta untuk melakukan aktivitas yang membuat stres dengan tetap mempertahankan ekspresinya.

Hasilnya menunjukkan bahwa denyut jantung menurun pada partisipan yang membentuk ekspresi tersenyum dan tersenyum tulus setelah aktivitas tersebut selesai.

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa tersenyum meskipun hanya sebentar bisa mengurangi respon stres yang diberikan oleh tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.