Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fungsi Zat Besi untuk Tubuh, Angkut Oksigen sampai Jaga Sistem Imun

Kompas.com - 06/09/2022, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Zat besi adalah salah satu mineral yang penting untuk menjaga fungsi tubuh agar bisa bekerja secara optimal.

Dilansir dari UCSFHealth, sekitar 70 persen mineral ini ditemukan di dalam sel darah merah dan otot. Sedangkan sebagian kecil lainnya merupakan komponen protein.

Simak penjelasan beberapa fungsi zat besi untuk tubuh yang penting diketahui berikut ini.

Baca juga: 5 Fungsi Kalsium, Tak Hanya untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Fungsi zat besi

Ada beberapa manfaat zat besi yang penting untuk tubuh, antara lain:

  • Mengangkut oksigen ke seluruh tubuh

Dilansir dari BetterHealth, sel darah merah mengandung hemoglobin. Sebagian besar hemoglobin terbuat dari zat besi. Protein kompleks ini penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

  • Menyimpan oksigen di dalam sel otot

Selain hemoglobin, zat besi juga menyusun protein penting bernama myoglobin. Protein ini penting untuk membantu menyimpan oksigen di dalam sel otot.

Baca juga: 10 Fungsi Fosfor untuk Tubuh, Mineral Terbanyak Kedua Setelah Kalsium

  • Kofaktor enzim

Enzim di dalam tubuh juga disusun oleh zat besi. Molekul ini penting untuk menunjang proses kimia yang mengontrol fungsi sel di dalam tubuh.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Fungsi zat besi yang tak kalah penting lainnya yakni menjaga sistem daya tahan tubuh. Ketika tubuh kekurangan zat besi, sistem kekebalan tubuh bakal kewalahan menghadapi infeksi.

  • Menjaga kesehatan mental

Dilansir dari MedicalNewsToday, zat besi yang membawa oksigen ke otot sampai otak juga penting untuk menjaga kesehatan mental. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan kurang fokus, lebih sensitif, sampai mudah marah.

Baca juga: 8 Fungsi Magnesium untuk Tubuh, Penting untuk Tulang sampai Jantung

  • Menunjang ketahanan fisik

Manfaat zat besi juga penting untuk menunjang ketahanan fisik. Kekurangan zat gizi ini bisa menurunkan asupan oksigen ke otot. Dampaknya, kinerja dan ketahanan selama aktivitas fisik menurun.

  • Menjaga kesehatan kehamilan

Fungsi zat besi juga penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Kurangnya mineral ini meningkatkan risiko bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir dengan gangguan kognitif dan perilaku, dan ibu hamil rentan sakit sepanjang kehamilan.

Baca juga: 13 Manfaat Vitamin sesuai Jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com