Kompas.com - 08/09/2022, 13:30 WIB

 

KOMPAS.com - Kaki yang kapalan memang akan terasa tidak nyaman dan terkadang membuat Anda ingin mengelupasnya sendiri.

Padahal menurut Healthline, jika tidak berhati-hati maka Anda bisa melukai kulit di sekitar area kaki yang kapalan tersebut.

Healthline juga menyarankan metode menyembuhkan kaki kapalan secara alami, yaitu dengan merendam kaki pada air hangat sekitar 5 hingga 10 menit.

Setelah kaki direndam, maka kulit kaki akan menjadi sedikit melunak sehingga bagian yang kapalan bisa terkelupas dengan mudah jika digosok menggunakan batu apung.

Baca juga: 8 Cara Alami Menghilangkan Kapalan di Telapak Kaki dan Jari Tangan

Andre Irwanto DESKRIPSI SEHAT YUK! Luka terbuka pada penderita diabetes dalam dunia medis disebut ulkus diabetes. Lambat laun, luka pada kaki akan berubah menjadi ulkus diabetik atau borok yang terinfeksi dan akhirnya mengalami kematian jaringan. Kondisi ulkus diabetikum yang semakin parah dapat menyebabkan kecacatan kaki permanen. Pada kebanyakan kasus, infeksi parah harus ditangani dengan amputasi untuk memutus penyebaran infeksi ke area tubuh lainnya. Lalu, bagaimana cara mencegah agar luka kaki diabetes tidak bertambah parah? Dan, apa saja pengobatan yang tepat untuk luka di kaki diabetes? Simak pembahasan luka pada kaki diabetes bersama dr.Ni Made Swantari, Sp.BP-RE selaku Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, dan juga Muhammad I’itikaf selaku direktur utama Limbcare, dalam program Sehat Yuk! Eps. 9 di video berikut ini! Produser: Lusia Kus Anna Video Editor: Andre Irwanto Videographer: Antonius Aditya Mahendra dan Lukita Suharlim Kreatif: Niken Monica Desiyanti #diabetes #ulkusdiabetes #lukadiabetes #lukakaki #lukakakidiabetes #membersihkanlukadiabetes #diabetesmellitus #kencingmanis #luka #ulkusdekubitus #pengobatanlukadiabetes #perawatanluka #perawatanlukakakidiabetes #perawatanlukadiabetes #pencegahanlukadiabetes #pencegahanulkusdiabetes #obatulkusdiabetes #deformitas #hammertoes #clawtoes #bunion ##perubahanbentukaki #amputasi #kakiamputasi #amputasidiabetes #perbanlukadiabetes #perban #moderndressingdiabetes #PRP #plateletrichplasma #prpdiabetes #skingraft #cangkokkulitluka #cangkokkulitlukadiabetes #limbcare #alaskaki #alaskakidiabetes #sandaldiabetes #sandalkakidiabetes #sandalkakiamputasi #sandalulkusdiabetes #TheIndRA #klinikTheIndRA #LimbcareIndonesia #Limbcare #SehatYuk #kompashealth #kompascom #jernihmelihatdunia #jernihkanharapan

Sayangnya, ada beberapa jenis metode yang beredar tentang cara menghilangkan kapalan pada telapak kaki dan beberapa di antaranya tidak disarankan untuk dilakukan.

Tidak hanya itu saja, ada beberapa hal lain yang tidak boleh Anda lakukan ketika kaki kapalan untuk menurunkan risiko iritasi yang mungkin terjadi. 

1. Memotong bagian kulit yang keras menggunakan benda tajam

Memotong kulit yang mengeras karena kapalan mungkin terdengar sebagai salah satu metode terbaik karena bisa menghilangkan bagian yang kapalan dengan cepat.

Sayangnya, metode memotong kulit yang keras dengan menggunakan benda tajam, seperti pemotong kuku, gunting, hingga pisau cukur sangatlah tidak disarankan.

Padahal ada banyak sekali rumor yang mengatakan bahwa memotong bagian kulit yang keras karena kapalan bisa menghentikan pertumbuhannya, dan bahkan kulit baru yang tumbuh akan semakin tipis.

Hal ini dijelaskan oleh Healthline bahwa menggunakan metode ini akan memperbesar risiko memotong kulit sehat secara tidak sengaja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.