Kompas.com - 16/09/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - World Patient Safety Day atau Hari Keselamatan Pasien Sedunia diperingati setiap 16 September.

Tema yang diusung pada peringatan tahun ini menyoroti keamanan pengobatan atau medication safety.

Untuk diketahui, praktik pengobatan yang tidak aman dan kesalahan ketika memberikan pengobatan termasuk salah satu penyebab insiden keselamatan pasien.

Insiden ini menimbulkan kerugian yang sangat besar dari sisi kesehatan maupun pembiayaan pasien.

Baca juga: Apakah Obat Kedaluwarsa Masih Bisa Dipakai?

Menurut catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pengobatan tidak aman menyedot pembiayaan sampai 42 juta dolar AS setiap tahun.

Padahal, insiden ini sebenarnya dapat dicegah dengan meningkatkan praktik penggunaan obat yang aman, baik oleh tenaga kesehatan maupun pasien.

Ketua Tim Kerja Mutu Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan dr. Irna Lidiawati, MARS menjelaskan, tenaga kesehatan dan pasien perlu memahami setiap obat yang dikonsumsi berikut efek sampingnya.

“Tenaga kesehatan saat memberikan obat harus sesuai dengan identitas pasien, nama obat, cara pemberian obat, dosis obat, dan waktu mengonsumsi obat. Pastikan juga pasien paham dengan penjelasan obat yang diberikan,” jelas Irna, dilansir dari SehatNegeriku, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: 7 Tanda Obat Kedaluwarsa sesuai Jenisnya

Dia juga mengingatkan agar pasien atau pendamping pasien mengetahui kegunaan dan jenis obat yang diberikan, memeriksa kembali apakah obat yang diberikan sudah benar, serta bertanya aturan penggunaan obat yang dikonsumsi kepada tenaga kesehatan.

Irna mengatakan, bahaya penggunaan obat yang tidak sesuai dosis dan peruntukannya berisiko menyebabkan beragam masalah kesehatan, termasuk masalah kekebalan karena resistensi antimikroba.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.