Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2022, 06:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak faktor penyebab kanker payudara yang bisa memengaruhi seseorang terkena penyakit ini.

Perlu diketahui, tidak ada penyebab tunggal masalah kesehatan ini. Seseorang bisa terkena kanker payudara karena kombinasi kebiasaan hidup tidak sehat, gen, usia di atas 50 tahun, dan faktor lingkungan.

Faktor gen, usia, dan lingkungan susah dikontrol karena di luar kendali kita. Namun, kebiasaan hidup tak sehat bisa kita hindari untuk meminimalkan risiko terkena penyakit ini. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 8 Ciri-ciri Kanker Payudara Tahap Awal, Tak Selalu Benjolan

Kebiasaan penyebab kanker payudara

Ada beberapa gaya hidup tidak sehat atau kebiasaan yang bisa jadi faktor penyebab kanker payudara, antara lain:

  • Merokok

Dilansir dari BreastcancerNow, beberapa studi telah membuktikan kebiasaan merokok bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Risiko ini meningkat secara signifikan pada wanita dan orang yang berasal dari keluarga pengidap kanker payudara.

Semakin muda wanita memulai kebiasaan merokok dan semakin banyak rokok yang diisap, risikonya terkena penyakit ini semakin tinggi. Perlu diketahui, risiko penyakit ini masih ada setidaknya setelah 20 tahun seseorang setop merokok.

  • Kurang gerak dan jarang olahraga

Orang yang kurang gerak karena aktivitasnya sebagian besar duduk-duduk atau jarang bergerak juga lebih berisiko terkena penyakit kanker payudara.

Risiko tersebut sama dengan orang yang tidak pernah atau jarang olahraga. Jika Anda ingin menurunkan risiko terkena penyakit ini, upayakan untuk olahraga setidaknya 20 menit sehari.

Baca juga: Payudara Sakit tapi Tidak Ada Benjolan, Ciri-ciri Kanker Payudara?

  • Minum alkohol

Kebiasaan minum minuman beralkohol, terutama dalam jumlah berlebihan, juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Jadi, sebisa mungkin hindari atau batasi konsumsi minuman keras. Untuk wanita, batasi kebiasaan tidak sehat ini maksimal tiga porsi per minggu.

  • Pola makan tidak sehat

Dilansir dari EatThis, pola makan tidak sehat juga termasuk salah satu faktor penyebab kanker payudara. Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko obesitas atau berat badan berlebih.

Sebagai informasi, obesitas termasuk faktor penyebab utama kanker payudara. Kegemukan menyebabkan jaringan lemak berlebih menghasilkan hormon yang mendorong pertumbuhan sel kanker.

Untuk itu, batasi makanan penyebab kanker payudara biang kegemukan seperti jeroan, daging merah berlemak, dan segala jenis daging merah olahan (sosis, burger, kornet, ham, salami, dll).

Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal sampai Akhir

  • Tidak melakukan pemeriksaan payudara rutin

Kebiasaan penyebab kanker payudara yang sebaiknya dihindari lainnya yakni cuek dengan perubahan payudara.

Cara terbaik untuk mendeteksi penyakit ini yakni dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui ada tidaknya perubahan kondisi payudara.

Jika usia sudah menginjak 50 tahun, saatnya rutin melakukan pemeriksaan payudara dengan mammogram setiap dua tahun sekali. Terutama bagi orang yang memiliki beberapa faktor penyebab kanker payudara di atas.

Baca juga: 10 Penyebab Kanker Payudara dan Cara Mencegahnya


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com