Kompas.com - 22/09/2022, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Imunisasi campak rubella adalah upaya membangun kekebalan dan perlindungan tubuh dari kedua penyakit yang dapat berdampak fatal ini.

Perlu diketahui, campak dan rubella adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus campak dan rubella.

Penyakit ini rentan menjangkiti dan menimbulkan infeksi serius pada bayi, anak-anak, orang dewasa, atau kalangan lansia yang belum pernah terinfeksi dan diberi vaksin campak rubella.

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat imunisasi campak rubella, pemberian sebaiknya di usia berapa, berapa kali, sampai efek sampingnya.

Baca juga: Apa itu Imunisasi PCV, Manfaat, Dosis, Pemberian Usia Berapa?

Apa manfaat imunisasi campak rubella?

Menurut Kementerian Kesehatan, manfaat imunisasi campak rubella utamanya untuk mencegah infeksi parah, komplikasi serius, sampai kematian akibat penyakit campak dan rubella.

Bahaya campak dapat menyebabkan komplikasi diare parah, radang paru atau pneumonia, radang otak atau ensefalitis, gangguan penglihatan dan pendengaran, gizi buruk, sampai kematian.

Sedangkan rubella biasanya hanya infeksi ringan seperti flu pada anak-anak. Tapi, penyakit ini apabila menulari ibu hamil muda bisa menyebabkan keguguran dan bayi lahir dengan kelainan bawaan.

Jadi, pemberian imunisasi campak rubella bisa melindungi anak dari kecacatan dan kematian akibat pneumonia, diare, kerusakan otak, ketulian, kebutaan, dan penyakit jantung bawaan.

Kedua penyakit ini tidak ada obatnya. Tapi keduanya bisa dicegah dengan imunisasi campak rubella atau dikenal dengan imunisasi MR (measles rubella).

Satu jenis vaksin ini sekaligus memberikan perlindungan pada dua penyakit berbahaya tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.