Kompas.com - 22/09/2022, 20:02 WIB

KOMPAS.com - Rasa nyeri yang muncul di bagian organ vital kerap membuat wanita ketar-ketir dan tidak nyaman. 

Terutama saat buang air kecil, berhubungan seks, dan aktivitas sehari-hari bisa terganggu ketika rasa sakitnya cukup parah. 

Untuk diketahui, terdapat banyak kemungkinan alasan kenapa vagina sakit atau terasa nyeri.

Rasa sakit ini bisa muncul di bagian dalam organ vital yang terhubung ke rahim, atau di bagian luar bibir vagina atau vulva. Simak beberapa penyebab vagina sakit berikut ini.

Baca juga: 5 Penyebab Vagina Sakit Setelah Berhubungan Seks dan Cara Mengatasinya

Kenapa vagina sakit?

Penyebab vagina sakit bisa berasal dari infeksi sampai endometriosis. Disarikan dari Women’sHealth dan VerywellHealth, berikut beberapa di antaranya:

  • Infeksi jamur

Infeksi jamur pada vagina bisa menyebabkan organ vital ini membengkak, ruam kemerahan, gatal, nyeri, dan keputihan dengan tekstur seperti keju hancur.

  • Infeksi bakteri

Selain infeksi jamur, vagina juga rentan mengalami infeksi bakteri. Gejala infeksi bakteri pada vagina biasanya vagina sakit, gatal, keputihan encer, dan bau tak sedap.

  • Infeksi menular seksual

Penyakit menular seksual seperti herpes, klamidia, dan gonore bisa menyebabkan nyeri vagina, pembengkakan pada organ vital, dan muncul peradangan pada vagina.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Vagina Gatal Sesuai Penyebabnya

  • Vagina kering

Perubahan hormon estrogen pada wanita bisa menyebabkan vagina kering dan terasa sakit. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang mengonsumsi pil KB, ibu menyusui, atau menopause.

  • Cedera pada vagina

Trauma pada vagina, aktivitas seks yang tidak nyaman karena terlalu keras, posisi tidak pas, atau penetrasi terlalu dalam juga bisa meninggalkan rasa sakit pada vagina. Rasa sakitnya terkadang menjalar sampai perut bagian bawah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.