Kompas.com - 01/10/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Penyakit gastritis atau kerap dikenal dengan istilah sakit maag adalah peradangan pada lapisan pelindung lambung atau mukosa.

Untuk diketahui, mukosa berguna untuk melindungi lambung dari cairan asam lambung yang digunakan untuk mencerna makanan.

Namun, lapisan pelindung ini bisa meradang ketika ada sesuatu yang merusak atau melemahkan mukosa.

Sayangnya, beberapa kondisi dan penyakit bisa jadi penyebab maag kambuh atau sering kumat. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Maag Kambuh yang Perlu Diwaspadai

Penyebab maag kambuh

Berikut beberapa kemungkinan penyebab maag kambuh, antara lain:

  • Infeksi bakteri

Dilansir dari MayoClinic, penyakit maag sering disebabkan infeksi bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan bagian atas. Infeksi ini rentan dialami perokok, orang dengan pola makan tidak seimbang, atau sering begadang.

  • Efek samping obat penghilang rasa sakit

Penggunaan obat penghilang rasa sakit dalam jangka panjang atau dosis tinggi terkadang melemahkan lapisan pelindung lambung dan memicu maag kronis dan akut.

  • Faktor usia lanjut

Saat orang semakin tua, lapisan pelindung lambung secara alami bakal semakin menipis. Selain itu, faktor usia juga membuat orang tua lebih rentan terkena infeksi bakteri H. pylori penyebab maag.

Baca juga: 4 Perbedaan Maag dan Asam Lambung Kronis

  • Konsumsi alkohol berlebihan

Penyebab maag juga bisa berasal dari konsumsi alkohol berlebihan. Minuman keras bisa mengiritasi dan mengikis lapisan pelindung lambung. Kebiasaan tidak sehat ini rentan menyebabkan maag akut.

  • Stres fisik dan mental

Tingkat stres yang tinggi misalkan saat banyak pikiran, tubuh baru menjalani operasi, cedera, atau mengalami infeksi berat juga bisa menyebabkan maag kambuh.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.