Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
dr. Andi Raga Ginting, M.Ked, Sp.PD, K-R
Dokter

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Reumatologi

Tak Hanya Satu Jenis, Kenali Beragam Penyakit Reumatik

Kompas.com - 13/07/2023, 16:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

PENYAKIT reumatik bukan hanya satu penyakit tunggal, yaitu reumatoid artritis seperti yang diyakini oleh masyarakat bahkan sebagian tenaga kesehatan.

Berdasarkan The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), penyakit reumatik adalah istilah umum yang merujuk pada radang sendi dan beberapa kondisi lain yang memengaruhi sendi, tendon, otot, ligamen, tulang, dan jaringan sekitarnya.

Baca juga: Mengenal Penyakit Reumatik dan Peran Dokter Reumatologi

Sejalan dengan itu, menurut European League Against Rheumatism (EULAR) dan American College of Rheumatology (ACR) yang merupakan organisasi profesi untuk dokter reumatologi Eropa dan Amerika, penyakit reumatik dan muskuloskeletal, yang disingkat dengan RMD (Rheumatic and musculoskeletal diseases) adalah kelompok penyakit yang umumnya memengaruhi persendian, tetapi dapat memengaruhi organ tubuh mana pun.

Ada lebih dari 200 penyakit reumatik yang berbeda, yang bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh masalah sistem kekebalan tubuh, peradangan, infeksi, atau kerusakan sendi, otot, dan tulang secara bertahap.

Banyak dari penyakit ini bersifat jangka panjang dan memburuk seiring berjalannya waktu. Biasanya bersifat nyeri dan membatasi fungsi dari sendi.

Pada kasus parah, penyakit reumatik dapat menyebabkan kecacatan signifikan, yang berdampak besar pada kualitas hidup dan harapan hidup.

Untuk itu pengenalan dan pemahaman terhadap penyakit reumatik sangat penting baik untuk masyarakat dan tenaga kesehatan.

Baca juga: Membongkar 8 Mitos Penyakit Reumatik

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa saja jenis penyakit reumatik yang banyak tersebut.

Harapannya, kalau ada seseorang yang dinyatakan memiliki penyakit reumatik bisa tahu jenis spesifik penyakit reumatik apa yang dideritanya. Setiap pengobatan penyakit reumatik akan berbeda sesuai dengan jenis penyakit reumatik spesifiknya.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa penyakit reumatik disebabkan oleh beberapa hal, maka kita dapat membagi penyakit reumatik berdasarkan hal tersebut, sehingga memudahkan kita untuk membagi kelompok penyakit reumatik.

Penyakit reumatik infeksi

Merupakan kelompok penyakit reumatik yang diakibatkan berbagai macam infeksi. Diagnosa penyakit spesifik yang masuk kedalam kelompok ini adalah: Artitis Septik, Artritis Tuberkulosis, Demam Reumatik, Artritis virus, Penyakit Lyme, Osteomielitis.

Penyakit reumatik degeneratif

Merupakan kolompok penyakit reumatik yang diakibatkan perubahan fungsi atau struktur yang mengakibatkan perubahan jaringan dan organ selama waktu tertentu, biasanya diakibatkan oleh penuaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com