Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Skincare untuk Merawat Kulit Saat Puasa?

Kompas.com - 31/03/2024, 09:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kulit kering dan berjerawat adalah kondisi yang sering dijumpai selama puasa. Masalah kulit ini bisa mengakibatkan seseorang kehilangan rasa percaya diri apabila berlarut hingga lebaran.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit saat puasa? Tenyata ada beberapa produk perawatan kulit atau skincare untuk merawat kulit saat puasa.

Untuk mengetahui macam-macam skincare yang perlu digunakan saat puasa, simak penjelasan berikut.

Baca juga: 5 Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Skincare apa saja yang diperlukan untuk merawat kulit saat puasa?

Pakar kesehatan kulit dr. Prima Bachrul Alam menjelaskan sejumlah rangkaian perawatan kulit atau skincare yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit saat puasa atau menjelang lebaran.

Langkah perawatan kulit yang pertama yaitu dengan mencuci muka dua kali sehari menggunakan facial wash atau sabun cuci muka.

Setelah cuci muka, Anda bisa menggunakan toner dan diikuti dengan pelembap.

Dokter Prima menganjurkan untuk memakai pelembap yang mengandung bahan petroleum jelly atau asam linoleat pada kulit kering.

Setelah itu, aplikasikan tabir surya atau sunscreen sebanyak dua ruas jari 30 menit sebelum beraktivitas.

Penggunaan sunscreen bisa diulangi setiap 3-5 jam sekali. Sebaiknya, gunakan tabir surya dengan SPF 30 hingga 50.

"Penambahan PA++ sebetulnya untuk anti aging. Seperti diketahui matahari memiliki UV A sebagai penyebab flek yang bisa ditangkal dengan PA++ sementara UV B bisa diatasi dengan SPF," kata Prima dilansir dari Antara, Kamis (28/3/2024).

Baca juga: Tips Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung yang Aman Menurut Dokter

Sementara itu penggunaan serum bisa ditambahkan ke dalam rutinitas perawatan kulit jika diperlukan dan dengan pendampingan dokter mengingat serum biasanya memiliki kandungan aktif yang perlu diperhatikan dosisnya.

Selain menggunakan produk perawatan kulit, istirahat yang cukup, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol juga disarankan untuk mendapatkan kulit sehat selama bulan puasa.

Kamu juga perlu mengonsumsi sayur, buah-buahan, ikan berlemak, serta mencukupi kebutuhan cairan juga perlu dilakukan untuk merawat kulit saat puasa.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com