Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Tinggi Melatonin untuk Atasi Susah Tidur

Kompas.com - 05/06/2024, 16:04 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Hormon melatonin sangat penting untuk tercapainya tidur yang nyenyak dan berkualitas. Hormon ini dihasilkan di kelenjar pineal yang terletak di area tengah otak.

Melatonin berfungsi mengikuti ritme matahari. Ketika matahari tenggelam, tubuh memproduksi lebih banyak melatonin sehingga kita pun mulai mengantuk. Itu sebabnya pada orang yang kesulitan tidur, konsumsi suplemen melatonin menjadi cara untuk mengatasi insomnia.

Meski secara umum suplemen melatonin aman dan tidak menimbulkan kecanduan, tetapi konsumsi suplemen ini bisa mengganggu kerja beberapa jenis obat resep dan dapat memicu efek samping tidak nyaman, seperti sakit kepala, mual, dan perasaan seperti mengambang.

Selain lewat suplemen, sebenarnya kita bisa meningkatkan produksi melatonin tubuh melalui makanan. Setidaknya ada 6 makanan yang diketahui mengandung melatonin tinggi:

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Suplemen Melatonin untuk Bantu Tidur Nyenyak

1. Ceri tart
Jus ceri tart populer sebagai obat tidur. Penelitian memang menunjukkan jus ini bisa meningkatkan kadar melatonin pada tubuh dan mengundang kantuk. Walau begitu, berhati-hatilah mengonsumsi jus ceri tart siap minum karena kandungan gulanya cukup tinggi.

Konsumsi jus ceri tart di malam hari dapat meningkatkan asupan kalori sehingga membuat berat badan bertambah. Kita juga bisa mengonsumi cer tart secara langsung berupa buah.

2. Goji berry
Goji berry adalah tanaman asli China berbentuk buah merah kecil-kecil. Selain memiliki efek antipenuaan, buah ini ternyata memiliki kandungan melatonin yang tinggi dan dapat memperbaiki pola tidur.

3. Telur
Di antara berbagai protein hewani, telur adalah sumber melatonin terbaik. Selain itu, telur juga makanan yang bernutrisi tinggi dengan kandungan protein dan zat besi.

4. Susu
Susu hangat adalah ramuan tradisional untuk membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini karena kandungan melatonin dalam susu cukup tinggi.

5. Ikan
Ikan juga bisa jadi pilihan untuk meningkatkan kadar melatonin tubuh. Pilihan ikan terbaik adalah ikan berlemak seperti salom atau sardin. Bonusnya adalah kita mendapat asam lemak omega-3.

6. Kacang-kacangan
Sebagian besar jenis kacang-kacangan mengandung melatonin yang tinggi. Kacang pistachio dan almond adalah yang tertinggi kadarnya. Selain itu kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan, asam lemak omega-3 dan mineral.

Baca juga: 8 Manfaat Minum Jahe Sebelum Tidur, Termasuk Membuat Tidur Nyenyak

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com