Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Gerald Vincent Mengaku Salah dan Minta Maaf kepada Le Minerale terkait Konten Bromat

Kompas.com - 25/10/2024, 20:37 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kreator konten Gerald Vincent meminta maaf kepada Le Mineral, pihak terkait, dan masyarakat mengenai konten mengenai kandungan bromat tinggi pada produk air mineral dalam kemasan (AMKD) yang ia unggah pada Februari 2024. Kini, konten tersebut sudah dihapus sehingga tak lagi dapat diakses.

Kala itu, Vincent menyampaikan informasi menyesatkan (hoaks) soal kandungan bromat tinggi produk air minum kemasan Le Minerale. Ia menyajikan data tentang kandungan bromat tanpa rujukan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Vincent mengaku bahwa dirinya bersalah dan menyebarkan informasi keliru pada konten tersebut. Dalam video terbaru pada link berikut, ia mengatakan bahwa data yang ia sampaikan adalah tidak benar dan diunggah tanpa verifikasi terlebih dahulu.

“Konten saya soal Le Minerale kandungan bromat-nya 58,8 ternyata salah. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena telah merugikan nama baik Le Minerale,” ujar Vincent dalam video yang diunggah di akun TikToknya pada Jumat (18/10/2024).

Baca juga: Soal Hoaks Bromat, Tirta Fresindo Tegaskan Le Minerale Aman Dikonsumsi

Ia juga mengakui bahwa dirinya bukan orang yang berkompeten dalam membahas kandungan bromat pada air mineral.

“Saya di sini bukan sebagai seorang ahli, bukan nutrisionis, sehingga saya tidak memiliki kompetensi untuk membahas mengenai kandungan bromat pada air mineral,” kata Vincent.

Dalam video permintaan maafnya, Vincent juga mengimbau masyarakat agar menghentikan peredaran video tersebut.

“Saya sadar bahwa konten saya telah diambil, digunakan, di-repost, dan disebarkan melalui berbagai platform. Oleh karenanya, saya harap kamu bisa lebih bijak dari saya dengan nggak nge-post video yang dulu,” kata Vincent dalam video berdurasi 54 detik itu.

Untuk diketahui, unggahan pertama Vincent terkait kandungan bromat telah dilabeli hoaks oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

“Klaim yang beredar tersebut adalah tidak benar,” tulis Kemenkominfo dalam situs resmi Aduan Konten https://cekhoaks.aduankonten.id yang digunakan untuk mengklarifikasi hoaks yang beredar di masyarakat, Jumat (23/2/2024).

Baca juga: Isu Le Minerale Mengandung Bromat Tinggi, Kemenkominfo Tegaskan Hoaks

Le Minerale juga telah mengunggah data dari laboratorium yang terakreditasi Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Agro (BBIA) di bawah naungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Hasil laboratorium menunjukkan bahwa kandungan bromat pada Le Minerale hanya 0,4 ppb atau 0,0004 mg/L yang jauh dari ambang batas.

“Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa kadar bromat dalam Le Minerale jauh di bawah ambang batas yang telah ditetapkan, yaitu 10 parts per billion (ppb) atau setara dengan 0,01 mikrogram/L. Secara spesifik, kadar bromat hanya sebesar 0,4 ppb,” jelas manajemen Le Minerale sebagaimana dikutip dari akun Instagram @le_mineraleid, Sabtu (24/2/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau