Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2016, 17:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Detak jantung tidak beraturan? Jangan anggap sepele karena bisa jadi tanda penyakit fibrilasi atrium (FA) atau kelainan irama jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Yoga Yuniadi mengungkapkan beberapa contoh irama jantung yang tidak regular.

"Misalnya denyut jantung seperti ada yang hilang atau melemah. Itu bisa jadi tanda fibrilasi atrium," ujar Yoga dalam diskusi media di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Denyut jantung yang menghilang dalam waktu cukup panjang akan menyebabkan tubuh terasa seperti melayang. Irama yang tidak beraturan juga bisa berupa denyut jantung yang terasa cepat seperti main drum.

Memang ada aktivitas fisik yang bisa membuat jantung berdetak cepat. Bedanya pada kondisi FA denyut yang berdebar cepat datangnya secara tiba-tiba.

"Kalau setelah olahraga denyutnya cepat, itu normal, kalau sedang ketakutan lalu berdebar juga normal. Jadi berdebarnya bukan dalam keadaan fisiologis normal begitu," jelas Yoga.

Untuk memastikan apakah denyut nadi kita normal atau tidak, bisa dilakukan pemeriksaan denyut nadi dengan menempelkan tiga jari di pergelangan tangan.

Kondisi FA tidak hanya ditentukan oleh irama jantung yang tak beraturan. Perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Yoga menjelaskan, jantung berdenyut karena adanya sistem listrik jantung. Namun, ketika listrik jantung muncul dari banyak sumber, denyut pun menjadi tidak beraturan. Banyak faktor risiko munculnya FA. Selain faktor usia, risiko FA juga meningkat karena adanya penyakit kronis.

Gejala FA perlu diperhatikan sejak dini karena dapat meningkatkan risiko stroke. Sayangnya, menurut Yoga banyak orang mengabaikan gangguan irama jantung. Apalagi, kelainan irama jantung bisa hilang dan timbul atau tidak menetap.

"Kalau denyut enggak beraturan, kebanyakan orang diam saja. Mereka berpikir enggak apa-apa, paling cuma karena capek," jelas Yoga.

Menurut Yoga, jika pernah mengalami irama jantung yang tak beraturan sebaiknya dipastikan penyebabnya dan kontrol ke dokter secara berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com