Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2013, 14:56 WIB


TANYA :

Selamat pagi dokter saya mau menanyakan beberapa hal .. Saat ini mama saya sedang dalam perawatan di rumah sakit jiwa karena mengalami halusinasi emosi tidak terkontrol.  Ia pernah mengonsumsi obat penenang jenis zypras 1mg yang awalnya dengan resep dokter. Lantas ia beli sendiri obat tersebut dan tanpa kontrol meminumnya sampai 4-6x sehari. Saya baru mengetahuinya baru-baru ini, sebab kami tidak serumah. Saya tahu mama dalam kondisi sedih utamanya adalah karena kematian papa 8 tahun yang lalu.  Kemudian,  kakak saya laki-laki terkena kasus perdata dan 3 minggu lalu nenek saya meninggal. Jadi mama seperti kehilangan segalanya dalam hidupnya. Kemarin saya konsultasi dengan dokter spesialis jiwa yang menangani mama.  Beliau katakan mama mengalami gangguan jiwa berat.  Saya terpikir,  apakah gejala gangguan jiwa berat itu sama gejalanya dengan ketergantungan obat penenang?

(Valentina, 34, Klaten)

 

JAWAB :

Ibu Valentina yang baik,

Gangguan jiwa adalah suatu gangguan medis yang bermanifestasi pada perubahan perilaku, perasaan dan pikiran orang tersebut. Orang yang mengalami gangguan jiwa akan mengalami perubahan dalam ketiga elemen psikologis di atas.

Penyebabnya bisa banyak. Jenis gangguan jiwa yang mirip-mirip gejalanya juga sering didapatkan. Kasus gangguan jiwa berat biasanya ditandai dengan adanya gangguan dalam penilaian realita, seperti adanya halusinasi dan waham (delusi). Inilah yang perlu diperhatikan.

Minum obat jenis penenang golongan benzodiazepine seperti alprazolam memang bisa menimbulkan efek putus zat jika digunakan dalam dosis besar dan jangka waktu lama serta tidak ada pengawasan dokter ahli seperti psikiater. Namun biasanya tidak sampai mengalami gangguan jiwa berat yang ditandai dengan halusinasi.

Pada banyak kondisi, memang stresor yang terlalu berat dan tidak mampu diadaptasi baik bisa menimbulkan terjadinya gangguan jiwa berat.

Saya pikir yang terbaik adalah saat ini merawat ibu sesuai dengan kondisinya dan saya yakin psikiater ibu sudah berbuat yang terbaik untuk kesembuhan ibu anda. Semoga informasi ini berguna.

Salam Sehat Jiwa  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com