Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2013, 08:52 WIB


TANYA :

Dok, apakah metode khitan yang cocok untuk pria usia dewasa? Saya saat ini berusia 33 tahun dan memerlukan metode sunat yang memudahkan penyembuhan sehingga dapat melanjutkan aktivitas kerja.  Saat ini cukup banyak metode yang ditawarkan dan kadang membingungkan.  Mana yang sebaiknya dipilih untuk orang dewasa?

(Andrew, 33, Jakarta)

 

JAWAB :

Sunat merupakan tindakan operasi kecil dan sederhana. Dengan cara operasi biasa penyembuhannya baik sekali, dan selama penyembuhan sebenarnya tidak terlalu mengganggu aktivitas bekerja. Memang kini dikembangkan sunat dengan cara laser dan ada lagi cara lain.

Tetapi pada intinya sama, yaitu pemotongan kulit preputium, yaitu kulit penutup bagian kepala penis. Tampaknya tidak ada perbedaan yang mendasar antara cara operasi lama dengan cara yang baru dikembangkan.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com