Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2014, 08:37 WIB


TANYA:

Prof,  saya mau nanya, saya sering sekali masturbasi. Biasanya sekali dalam 1 minggu bahkan pernah 2 kali. Yang mau saya tanyakan, apakah itu berbahaya ya kalau keseringan masturbasi, lalu apakah akan mengganggu pertumbuhan tubuh? Sebab badan saya tidak pernah naik-naik alias berbadan kurus. Kalau soal makan sih tergolong banyak, olahraga juga sering. Mohon Indormasinya ya prof. Terima kasih
 
(Aprianto, Bengkulu)


JAWAB:

Bagi orang yang tidak melakukan hubungan seksual, masturbasi merupakan penggantinya. Sebenarnya dari sudut fisik, masturbasi sama dengan hubungan seksual, walapun tidak melakukan dengan lawan jenis. Tentu pada masturbasi tidak ada keterlibatan perasaan atau emosi.

Masturbasi tidak menimbulkan akibat apapun. Tidak juga mengakibatkan orang tetap atau menjadi kurus.Ada banyak faktor yang memengaruhi apakah orang menjadi kurus atau gemuk. Asal dalam keadaan normal, tubuh yang kurus bukanlah masalah. Sebaliknya, tubuh yang gemuk tidak berarti pasti sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com