Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengurangi Kebiasaan Makan Roti Tawar

Kompas.com - 16/07/2014, 10:59 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com - Roti tawar atau roti putih memang sering menjadi andalan bagi banyak orang yang mendambakan sajian yang praktis namun lezat, misalnya untuk sarapan atau camilan sehari-hari. Namun, roti tawar jika dimakan secara rutin, misalnya menyebabkan kegemukan.

Dalam satu tangkup roti tawar ditambah olesan selai cokelat terkandung 200-300 kalori. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tentu lebih besar lagi jika kita mengasup lebih dari satu tangkup roti ditambah dengan minuman yang mengandung gula.

Studi menemukan, orang lebih mungkin untuk mengalami kegemukan dan obesitas saat makan roti tawar dibandingkan dengan roti gandum utuh. Untuk mendapatkan hasil tersebut, peneliti melacak kebiasaan makan dan berat badan lebih dari 9.200 orang selama kurang lebih lima tahun.

Karena itulah, bila memiliki kebiasaan makan roti tawar namun tetap menginginkan berat badan yang ideal, ada baiknya Anda mulai meninggalkan kebiasaan tersebut. Inilah tiga cara enak yang mungkin dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan makan roti tawar.

1. Tambahkan olesan
Rasa dari roti gandum utuh biasanya akan "menutupi" rasa dari isian roti. Itulah yang menyebabkan sebagian orang kurang menyukainya. Namun untuk menyiasatinya, cobalah untuk tambahkan olesan seperti saus tomat, selai, hingga daging alpukat matang tumbuk pada roti. Selain menambah enak rasanya, tambahan olesan itu akan menambah gizi dari roti.

Selain itu, Anda juga bisa memakan roti tanpa ditumpuk (tidak bertangkup). Sebagai penggantinya, makanlah satu lembar roti dengan isian roti yang langsung diletakan di atasnya, kemudian langsung dimakan.

2. Tambahkan bumbu
Banyak orang yang tidak menyukai rasa nasi merah atau produk biji-bijian utuh karena rasanya yang terlalu "polos". Maka cara paling sederhana untuk memperkaya rasa pada produk-produk tadi adalah menambahkan bumbu. Namun bumbu bukan berarti garam atau penyedap rasa, melainkan bumbu dapur yang terdiri dari umbi dan rempah, misalnya bawang putih, cabai merah, lada hitam, jahe, dan bumbu-bumbu lainnya.

3. Perhatikan cara memasak
Selain roti gandum, pilihan enak lainnya untuk mengganti roti tawar adalah pasta gandum utuh. Namun ketika dimasak terlalu lama atau terlalu matang, pasta jenis ini akan menjadi tidak menarik. Namun biasanya produk gandum utuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa matang. Karena itu, cara memasak perlu diperhatikan supaya produk gandum utuh tetap enak dan menarik untuk dimakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com